by

Florentinus Anum Ajak Semua Pihak Sukseskan Pilkada Sintang 2020

Florentinus Anum Ajak Semua Pihak Sukseskan Pilkada Sintang 2020

Pimpin Rakor Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020

KalbarOnline, Sintang – Penjabat Bupati Sintang, Florentinus Anum memimpin jalannya rapat koordinasi sekaligus melakukan sosialisasi tentang pelaksanaan Pilkada Serentak serta penerapan disiplin dan penegakan hukum Protokol Kesehatan Covid-19 di Kabupaten Sintang, yang dilaksanakan di Pendopo Bupati Sintang, Rabu (21/10/2020).

Dalam Kegiatan tersebut, turut hadir jajaran Forkopimda, para Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, para tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama yang ada di Kabupaten Sintang.

Dalam arahannya, Florentinus Anum mengajak agar seluruh masyarakat dapat berpartisipasi dalam pembangunan daerah khususnya di Kabupaten Sintang.

“Dalam rangka kita menjalankan pembangunan di Kabupaten Sintang dengan apa yang kita harapkan, yang direncanakan bisa berjalan dengan baik, aman, tertib, hal tersebutlah yang menjadi salah satu agenda dalam kegiatan kita pada saat ini, dan tentunya kondisi tertib aman, itulah yang menjadi impian kita bersama di Sintang pada kondisi saat ini,” kata Anum.

Menurut Anum, bahwa pembangunan itu tidak hanya sekedar pembangunan fisik saja melainkan pembangunan mental dan spiritualnya.

“Kita semua harus berpartisipasi, turut serta dalam pembangunan, baik itu pembangunan fisik maupun mental dan spiritual di Bumi Senentang ini,” ucapnya.

Anum yang merupakan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kalbar ini menegaskan bahwa perekonomian di sektor pertanian harus dijaga.

“Kalau kita lihat dari sisi ekonomi, di Sintang masih mengandalkan Sumber Daya Alam khususnya sektor pertanian, masyarakat kita hampir 80 persen bertopang dari sektor pertanian, maka dari sektor inilah harus kita jaga perekonomiannya di saat pandemi ini, karena dari segi ekonomi sangat menentukan dalam menjaga keamanan dan ketentraman di Sintang dan kebijakan nasional dalam memulihkan ekonomi pada saat ini ialah sektor pedesaan yang menjadi fokus untuk memberikan kontribusi menahan lajunya tekanan ekonomi secara nasional,” tegasnya.

Terkait Pilkada Serentak di Kabupaten Sintang, mantan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalabr ini menjelaskan ada dua masalah yang harus dihadapi.

“Yang pertama kita melaksanakan Pilkada Serentak dalam kondisi Pandemi Covid-19, yang kedua adalah kondisi geografis di Sintang dan ditambah lagi dengan kondisi cuaca yang memasuki musim hujan, yang memungkinkan menghambat pelaksanaan tahapan pilkada serentak di Sintang tahun 2020,” jelasnya.

Anum meminta pihak KPU, TNI-Polri dan sektor yang terlibat dalam pendistribusian logistik agar membuat strategi dalam menghadapi kondisi geografis dan cuaca di Sintang.

“Kalau hujan dengan kondisi geografis yang belum baik, maka kita perlu merancang dan mengatur strategi dalam hal distribusi logistik, supaya logstik bisa sampai ke tempat tujuan dengan aman dan lancar, selain masalah keamanan kertas suara, juga harus tepat sasaran dimana letak TPS-nya,” pintanya.

Pilkada serentak 2020 dalam kondisi Pandemi Covid-19, Anum mengingatkan kepada masyarakat agar berdemokrasi yang sehat.

“Situasi saat ini lagi covid-19, tapi disatu sisi harus sukes pemilu, keduanya saling merupakan hak masyarakat, ini tantangan kita bagaimana menyelenggarakan Pemilu Sehat, dengan tetap menjalani dan tertib melaksanakan protokol kesehatan yang ketat,” pesan Anum.

Sementara Pelaksana Tugas Harian Kapolres Sintang, AKBP Imam Riyadi, melaporkan kondisi dan situasi terkini di Kabupaten Sintang.

“Secara keseluruhan bahwa situasi di Sintang masih terlihat kondusif, indikatornya itu adalah dilihat dari kondisi ekonomi, sosial budaya yang masih cukup dan masih dalam batas wajar dan kondusif, sehingga keamanan ketertiban masyarakat di Sintang masih baik,” ujar PLH Kapolres Sintang.

Imam menyatakan bahwa pihaknya sudah mempersiapkan dan memetakan kondisi dalam rangka mensukseskan Pilkada Serentak 2020.

“Kita sudah memetakan wilayah mana yang tingkat kerawanannya masih tinggi, kemudian juga kita sudah memetakan kondisi geografis yang sulit dilalui saat curah hujan cukup tinggi, ancaman pandemi Covid-19, ini semua sudah kita petakan, sehingga kami sudah siap dari segi personil, sarana dan prasarana, dan yang menjadi konsen kami ada lima kecamatan yang rawan, dan kami siap kawal dari distribusi hingga pencoblosan biar berjalan dengan baik,” tukasnya.

Dirinya meminta kepada seluruh masyarakat untuk terus menjaga situasi yang kondusif ini.

“Ini juga peran dari kita semua, para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Sintang mari kita menjaga keamanan, ketertiban masyarakat yang kondusif, situasi ini harus kita jaga dan pelihara,” pesannya.

Comment

News Feed