by

7 Manfaat Madu untuk Anak di Atas Usia 1 Tahun

Selama 5 tahun pertama kehidupannya, seorang anak akan diperkenalkan dengan banyak hal baru. Tidak hanya stimulasi sesuai tumbuh kembangnya, begitu pula dengan makanan dan minuman.

Tentu saja, pengenalan makanan dan minuman kepada si Kecil dilakukan secara bertahap, sesuai dengan usia dan jumlah giginya yang sudah tumbuh. Bagaimana dengan madu?

Meskipun madu menyehatkan, jangan berikan kepada si Kecil bila ia masih berusia 1 tahun ke bawah, Mums. Pasalnya, sistem pencernaan si Kecil belum cukup kuat untuk menerima asupan madu. Jika diberikan, inilah beberapa hal yang bisa terjadi:

  • Botulisme pada bayi

Bila si Kecil masih berusia 1 tahun ke bawah dan mengonsumsi madu, ia bisa mengalami botulisme. Botulisme adalah gejala keracunan pada bayi akibat bakteri Clostridium botulinum, yang secara alami terkandung pada madu.

Baca juga: Aturan Pemberian Obat Cacing untuk Balita
  • Gangguan pernapasan

Anak usia 1 tahun ke bawah bisa mengalami reaksi alergi yang cukup mencemaskan. Bila si Kecil mengalami sesak napas setelah mengonsumsi madu, segeralah bawa ke dokter. Kemungkinan besar ia mengalami reaksi alergi terhadap madu.

  • Gangguan pada otot

Bila si Kecil terlihat mengalami kelemasan pada otot, maka itu juga salah satu reaksi alergi terhadap madu. Sama seperti gangguan pernapasan, segeralah bawa si Kecil ke dokter bila ini terjadi.

Manfaat Madu untuk Anak di Atas Usia 1 Tahun

Sebaiknya berikan madu kepada anak di atas usia 1 tahun. Bahkan untuk amannya, Mums bisa memberikan madu saat si Kecil sudah berusia 2,5 tahun. Inilah 7 manfaat madu untuk anak di atas usia 1 tahun!

  1. Meningkatkan energi

Banyak anak yang menyukai makanan maupun minuman manis. Misalnya, permen, kue, es krim, hingga jus dan minuman berenergi. Sayangnya, semua menu enak-enak ini mengandung kadar gula tinggi dan ditambah dengan pemanis buatan.

Baca juga: Ikuti Tips Ini Agar Balita Tidak Agresif

Si Kecil memang akan lebih berenergi sesudah mengonsumsi makanan dan minuman manis. Namun, sesudahnya anak akan cepat lelah kemudian menjadi ketagihan mengonsumsi makanan dan minuman yang manis. Namun Mums tidak perlu khawatir karena madu adalah pemanis alami yang aman untuk dikonsumsi. Dicernanya pun lebih perlahan, sehingga tidak akan mengganggu keseimbangan gula darah. Si Kecil pun terhindar dari kemungkinan terkena diabetes tipe 1.

  1. Melindungi hati

Khasiat madu benar-benar luar biasa lho, Mums. Meskipun si Kecil hanya mengoleskan madu di atas roti sebanyak satu sendok teh, itu sudah dapat melindungi hatinya! Madu mengandung berbagai zat yang dapat menetralisir racun. Jadi, pemanis alami ini mampu berfungsi sebagai pelindung banyak organ dalam tubuh, termasuk hati.

  1. Dicerna dengan mudah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, madu sangat lembut, sehingga mudah dicerna. Madu termasuk produk makanan organik. Hanya saja, pastikan produk madu yang Mums beli adalah madu alami dan tidak ditambahkan gula atau pemanis buatan.

  1. Menyembuhkan batuk dan radang tenggorokan

Sistem kekebalan tubuh si Kecil yang masih balita masih berkembang. Makanya, anak mudah terserang berbagai penyakit ringan, seperti batuk dan radang tenggorokan. Madu sendiri telah terbukti dapat melegakan sekaligus menyembuhkan batuk dan radang tenggorokan pada anak.

Ramuan madu untuk meredakan radang tenggorokan adalah campurkan 1-2 sendok teh madu dengan air hangat. Berikan kepada si Kecil hingga batuk atau radang tenggorokannya sembuh.

Baca juga: Balita Mums Sembelit? Gak Usah Khawatir, Ini Cara Mengatasinya!
  1. Kaya akan vitamin dan mineral

Banyak riset yang telah membuktikan bahwa madu kaya akan vitamin dan mineral, sehingga dapat membantu pertumbuhan anak.

  1. Madu dapat berperan sebagai prebiotik

Madu dapat menjadi prebiotik apabila dicampur dengan susu mentega atau dadih, yang berperan menjaga bakteri dalam pencernaan anak-anak.

  1. Meredakan GERD

Madu dapat melapisi kerongkongan dan saluran pencernaan, sehingga dapat mencegah mual dan muntah serta asam lambung naik ke kerongkongan.

Nah, inilah beberapa manfaat madu untuk anak di atas usia 1 tahun. Ingat, jangan berikan kepada si Kecil jika ia belum di atas usia tersebut ya, Mums! (AS)

Baca juga: Kaya akan Serat dan Air, Ini 7 Buah yang Baik untuk Menjaga Pencernaan Anak

Referensi

Keeping Backyard Bees: 5 Health Benefits of Honey for Children Over 2

Sunshine House Early Learning Academy: 5 Honey Health Benefits for Children Over 2

Firstcry Parenting: Honey for Kids – Health Benefits and Precautions

Comment

News Feed