Kunci Mobil Volvo Bisa Berikan Peringatan Saat Pengemudi Ngebut

KalbarOnline.com – Pengembangan teknologi terkait safety terus dikembangkan termasuk dilakukan oleh merek Volvo. Pabrikan mobil asal Goteborg, Swedia membuat teknologi untuk mencegah pengemudi mobil alami kecelakaan karena terlena dalam memacu kendaraan melebihi batas.

Dilansir dari laman Car Advice, Volvo menciptakan kunci yang bisa memberikan peringatan terkait kecepatan mobil. Pengemudi mobil bisa menetapkan batas kecepatan mobil yang sesuai dengan peraturan.

Ini akan membantu mengingatkan pengemudi saat dalam perjalanan agar tak melebihi batas kecepatan yang telah ditentukan. Bila pengemudi melebihi kecepatan yang sudah ditentukan maka kunci tersebut akan memberi sinyal peringatan.

Cara kerjanya, setelah menangkap sensor kecepatan mobil melebihi batas yang ditetapkan, kunci akan memberikan peringatan agar pengemudi menurunkan kecepatan mobil. Secara umum Volvo membatasi kecepatan tertinggi hanya sampai 180 kilometer per jam (kpj), namun pemilik mobil bisa menetapkan batas kecepatan kurang dari angka itu.

Baca Juga :  Apple Rilis iPhone 12, Ada yang Versi Pahe dengan Harga Miring

Kepala Pusat Pengembangan Teknologi Keamanan Mobil Volvo, Malin Ekholm. mengungkapkan pihaknya sangat menyadari bahwa produsen mobil memiliki tanggung jawab. Terkait membantu meningkatkan keselamatan lalu lintas.

“Teknologi pembatas kecepatan kami sangat cocok dengan pemikiran itu. Pembatasan kecepatan sangat membantu orang merefleksikan dan menyadari bahwa mengebut itu berbahaya,” ujarnya.

Pabrikan akan menjadikan kunci pintar tersebut sebagai fitur standar di semua mobil keluaran terbaru. Artinya, semua mobil Volvo yang diproduksi pada tahun 2021 nanti sudah mendapatkan kunci ini.

Baca Juga :  Mau Eksplorasi Keindahan Malam? Pilih Smartphone Kamera Yang Tepat

Malin menambahkan, Volvo terus berupaya mengembangkan teknologi penunjang keamanan berkendara pada unit produksinya. Hal ini untuk kebaikan pengemudi maupun orang lain yang berada di jalan.

“Dalam penelitian menunjukkan, rata-rata orang kurang memahami bahaya di sekitarnya saat memacu mobil dalam kecepatang tinggi. Karena itu jalan satu-satunya adalah membatasi kecepatan,” tambah Malin.

Tak hanya itu teknologi Volvo mampu mengindentifikasi keracunan dan gangguan konsentrasi seperti mabuk menjadi penyebab kecelakaan.

Comment