Kehilangan Sabuk Juara Dunia WBA dan WBO, Lomachenko Merasa Menang

KalbarOnline.com-Vasyl Lomachenko sempat tak terkalahkan dalam 13 pertarungan terakhir. Namun, Lomachenko kemarin harus menyerahkan sabuk juara dunia kelas ringan miliknya ke tangan Teofimo Lopez.

Petinju 23 tahun tersebut mengalahkan Lomachenko dengan kemenangan mutlak dalam 12 ronde. Hasil itu membuat Lopez menguasai seluruh sabuk juara dunia kelas ringan.

Dalam pertandingan yang berlangsung tanpa penonton di MGM Grand Conference Center Las Vegas itu, Lopez merebut sabuk versi WBA, WBO, dan The Ring milik Lomachenko. Lopez juga sekaligus mempertahankan sabuk versi IBF miliknya. ’’Akulah sang pengambil alih dunia,’’ ucap Lopez dilansir BBC setelah laga.

Baca Juga :  Jatuh, Bangkit, Jadi Juara Dunia dengan Meng-KO Peraih Emas Olimpiade

Dengan usia masih 23 tahun, Lopez kini juga tercatat sebagai petinju termuda yang pernah mengumpulkan empat sabuk mayor sekaligus. Itu terhitung sejak WBO yang merupakan asosiasi tinju mayor termuda berdiri pada 1988.

  • Baca Juga: Dominan, Teofimo Lopez Juara Empat Badan Dunia Termuda dalam Sejarah

Petinju berjuluk The Takeover tersebut kini juga makin memperpanjang rekor tak terkalahkannya di pentas profesional. Dia belum pernah takluk dalam 16 kali berturut-turut. Sebanyak 12 pertarungan di antaranya dia menangi dengan KO.

Baca Juga :  Marc Marquez Tak Akan Bisa Membalap Tahun Depan, Kata Pengamat MotoGP

Tiga juri yang bertugas memberi Lopez kemenangan mutlak dengan skor 116-112, 119-109, 117-111. Lomachenko pun kecewa dengan hasil penilaian juri.

’’Secara pribadi aku merasa kemenangan itu milikku,’’ ucap Lomachenko. ’’Di paro pertama, dia memang mengambil lebih banyak ronde. Tapi, di paro kedua, aku yang mengambil kendali. Aku tidak setuju dengan hasil ini,’’ tegasnya.

Comment