by

Cedera di Awal Musim, Start Posisi 10, Juara dan Akhiri Dominasi Honda

KalbarOnline.com – Rider Suzuki Ecstar Alex Rins kembali merasakan kemenangan di pentas MotoGP tadi malam (18/10). Rins memulai balapan dari posisi ke-10. Namun, itu bukan kendala serius bagi rider 24 tahun tersebut. Dia membalikkan dominasi pembalap Yamaha pada saat latihan bebas dan sesi kualifikasi pada race di GP Aragon sehari sebelumnya.

”Ini luar biasa, aku memulai start dengan sangat bagus,” katanya. Rins melesat terdepan, terpaut 0,263 detik dari pembalap rookie Repsol Honda Alex Marquez. Sementara itu, podium ketiga menjadi milik rider Suzuki lainnya Joan Mir.

”Posisi pertama ini (aku persembahkan, Red) buat seluruh fans, tim, dan keluarga,” lanjut Rins.

Balapan tadi malam merupakan kemenangan ketiganya sejak mengaspal di kelas premier. Dua kemenangan sebelumnya dia gapai pada GP Inggris dan GP Amerika Serikat musim lalu.

  • Baca Juga: Start Posisi ke-11, Finis Runner-up, Alex Marquez: Saya Sangat Bahagia

Rins sempat mengalami cedera saat menjalani kualifikasi pada GP Spanyol awal musim ini. Dia menderita dislokasi bahu kiri yang membuatnya gagal ambil bagian pada race pembuka musim 2020. Namun, perlahan dia menemukan kembali ritme terbaiknya.

Kemenangan Rins di Aragon pun menjadi istimewa. Sebab, itu adalah victory perdana Suzuki musim ini. Selain itu, Suzuki akhirnya meraih kemenangan untuk kali pertama pada GP Aragon sejak 2010. GSX-RR tunggangan Rins juga mengakhiri dominasi Marc Marquez bersama Honda yang menjadi kampiun di Aragon dalam empat musim terakhir.

Di sisi lain, tiga pembalap yang menggamit podium bukanlah rider yang mengisi front row saat start. Alex, misalnya. Dia memulai balapan dari posisi ke-11. Itu bukanlah start ideal. Dia pun tidak mengira bisa kembali berdiri di podium kedua pada race tadi malam.

Berbeda dengan Rins yang memulai start dengan mulus, Marquez harus berjuang untuk menyalip satu per satu rider yang ada di depannya. Pada lap ke-14, dia berhasil menyalip jagoan Monster Yamaha Maverick Vinales untuk mengamankan posisi ketiga.

Sembari fokus mengejar podium, perhatian Marquez sempat terpecah untuk bisa menjaga ban belakangnya bertahan hingga akhir balapan. Momen terbaiknya adalah ketika berhasil menyalip Joan Mir untuk posisi kedua pada lap ke-18.

Dengan lima lap tersisa, Marquez menempel ketat Rins yang memimpin balapan. Dia nyaris mengalami low side pada lap ke-22. Beruntung, Alex bisa mengendalikan RC213V tunggangannya.

Keberhasilan Marquez kembali menyabet podium kedua menjadi pelipur lara Repsol Honda yang mengalami kesulitan pasca ditinggal Marc Marquez. ”Kami butuh sedikit peningkatan saat kualifikasi karena (sebenarnya, Red) hari ini kami tampil cepat di lintasan,” papar Marquez.

Sementara itu, pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo yang menggamit pole position sehari sebelumnya tak mampu memanfaatkan keuntungan. Setelah bertarung ketat dengan Mir dan Morbidelli pada lap ke-8, berulang-ulang dia melebar saat melahap dua tikungan terakhir. Alhasil, keunggulan 10 poin sebelum balapan dimulai akhirnya terkikis.

Kini, pemuncak klasemen pembalap adalah Joan Mir. Pembalap Spanyol tersebut memimpin dengan 121 poin. Sementara itu, Quartararo gagal mendulang poin setelah finis ke-18. Alhasil, dia tetap mengumpulkan 115 poin.

Di peringkat ketiga menyusul Maverick Vinales dari Monster Yamaha dengan koleksi 109 poin. Pekan depan, para rider masih akan berjibaku di sirkuit yang sama.

Comment

News Feed