by

Tips Hidup Sehat di Pengungsian Ketika Pandemi Covid-19

-Uncategorized-8 views

KalbarOnline.com – Datangnya musim hujan di tengah pandemi Covid-19 harus menjadi fokus pemerintah. Sebab, hal ini berpotensi memicu terjadinya bencana alam seperti banji dan tanah longsor. Di sisi lain, ada pandemi Covid-19 yang juga tidak bisa diabaikan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta diseluruh pengungsian dilengkapi fasilitas kesehatan yang memadai. Dengan begitu, potensi penularan Covid-19 bisa ditekan.

“Satgas berharap tempat-tempat pengungsian dapat direkayasa dengan baik agar selalu keadaan layak dan bersih, sehingga meminimalisir risiko penularan Covid-19 dan penyakit lainnya,” kata Wiku.

Satgas juga menghimbau sebisa mungkin warga terdampak bencana menghindari lokasi pengungsian di tenda. Pemakaian tenda hanya pada saat tidak ada opsi lain. Warga disarankan mencari tempat penginapan lain sebagai tempat mengungsi.

“Di pengungsian pastikan masyarakat punya masker cadangan, hand sanitizer, alat makan pribadi serta tempat evakuasi yang didesain untuk jaga jarak dan selalu ada petugas kesehatan di sekitar pengugsian,” jelas Wiku.

Masyarakat juga diminta tetap menerapkan protokol kesehatan 3M saat di pengungsian. Yakni wajib memakai masker, wajib menjaga jarak, dan wajib mencuci tangan secara rutin.

“Pemda harus monitoring ketat termasuk tracing dan testing di lokasi pengungsian, ada sinergi Pemda, lembaga daerah, TNI, Polri, masyarakat untuk hindari terjadinya klaster pengungsian,” pungkas Wiku.

Comment