Categories: Sport

Di Tengah Angin dan Cuaca Dingin, Fabio Quartararo jadi yang Tercepat

KalbarOnline.com – MotoGP memastikan perubahan jadwal GP Aragon untuk dua hari penyelenggaraan, Sabtu-Minggu ini. Setiap sesi kegiatan dalam dua hari terakhir mundur satu jam.

Penyebabnya adalah cuaca dingin di Provinsi Teruel, Spanyol, tersebut. Alhasil, balapan nanti malam akan berlangsung pukul 20.00 WIB (siaran langsung Trans7) atau mundur satu jam dari jadwal semula.

Sebelumnya, dua sesi latihan bebas (FP) pada Jumat (16/10) juga harus ditunda 30 menit karena cuaca dingin di sirkuit. Saat FP1 berlangsung, suhu di kawasan Aragon terpantau di kisaran 11 derajat Celsius. Sementara itu, suhu lintasan berkisar 12 derajat Celsius.

Jadwal GP Aragon memang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Penyesuaian setelah pandemi Covid-19 membuat salah satu seri di Spanyol itu bergeser ke 18 Oktober 2020. Sedangkan pada tahun sebelumnya berlangsung akhir September. Musim ini, Aragon juga berkesempatan menggelar balapan ganda.

Terkait cuaca dingin dan berangin, jagoan Monster Yamaha Maverick Vinales menyebutkan, para pesaingnya dari Ducati akan sulit menggeber maksimal Desmosedici GP20. ’’Tetapi, kami akan melihat di mana posisi mereka setelah kualifikasi,’’ terangnya, seperti dilansir GP One.

Vinales berjuang kembali ke podium setelah terlempar di 10 besar pada dua balapan terakhir. Tantangan superbesar dihadapi karena sejak mentas di kelas MotoGP pada 2015, Vinales belum sekali pun merasakan podium di Aragon.

Rider Ducati Danilo Petrucci pun mengamini pernyataan Vinales terkait cuaca dan kondisi angin di Aragon. ’’Saat ini kami tidak kompetitif seperti di Le Mans. Kami harus bekerja, terutama untuk menghadapi angin dan suhu dingin,’’ papar Petrucci.

’’Ini adalah akhir pekan yang lebih sulit ketimbang di Le Mans,’’ lanjutnya.

Dia menambahkan, cengkeraman ban Michelin tidak berjalan sempurna bersama motor Ducati di Aragon. Namun, Petrucci ingin memberikan suguhan terbaik pada musim terakhirnya bersama Ducati.

Pada kualifikasi kemarin, bintang Yamaha Petronas Fabio Quartararo menjadi yang tercepat. Dia menempati pole position dengan catatan waktu 1 menit, 47,076 detik. Dia unggul 0,046 detik di depan Vinales.

Pembalap LCR Honda Cal Crutchlow berada di posisi start ketiga. Dia mencatat waktu 0,229 detik lebih lambat ketimbang Quartararo. Bagi Quartararo ini adalah pole position keempat sepanjang musim 2020.

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Pemkot Pontianak Dorong Posyandu Naik Kelas

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak tengah berencana untuk mendorong posyandu agar dapat naik…

23 mins ago

Memahami KBGO yang Rentan Menyasar Jurnalis Perempuan

KalbarOnline, Pontianak - Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Kalimantan Barat menggelar workshop Kekerasan Berbasis Gender…

35 mins ago

Bupati Fransiskus Ajak Masyarakat Kapuas Hulu Nonton Bareng Semifinal Piala Asia Indonesia Vs Uzbekistan

KalbarOnline, Putussibau - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengajak masyarakat di Bumi Uncak Kapuas untuk…

2 hours ago

Kobarkan Semangat Nasionalisme Lewat Nobar Semifinal Piala AFC U-23 Indonesia Versus Uzbekistan

KalbarOnline, Pontianak - Euforia menjelang laga Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia melawan Uzbekistan dalam…

3 hours ago

Romi Wijaya Dukung Garuda Muda! Gelar Nobar Semifinal AFC U23 Asian Cup 2024

KalbarOnline, Kayong Utara - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara mengajak masyarakat untuk menunjukkan dukungannya kepada Tim…

3 hours ago

Euforia Warga Kota Pontianak Gelar Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan

KalbarOnline, Pontianak - Tim Nasional (Timnas) Indonesia masuk ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah…

5 hours ago