by

Cara Memperbaiki Penyok Ringan pada Mobil Anda Tanpa Harus ke Bengkel

KalbarOnline.Com – Bagi para pemilik mobil, salah satu hal yang paling dihindari adalah terjadinya benturan karena ini akan menimbulkan efek penyok baik itu sifatnya berat atau ringan. Ya kita ketahui sendiri bahwa bodi mobil merupakan bagian yang paling mudah terlihat sehingga apabila terdapat penyok maka kondisinya akan mobil kita menjadi tidak menarik lagi untuk dipandang.

Meskipun begitu, kemungkinan untuk terjadi penyok pada mobil Anda tetap akan ada. Oleh karena itu di artikel ini penulis akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara memperbaiki penyok ringan pada mobil Anda. So, simak baik-baik tipsnya ya…

Cara Memperbaiki Penyok Ringan pada Mobil

Sebenarnya, cara memperbaiki penyok ringan pada mobil tidaklah sulit karena banyak bengkel mobil yang bisa melakukannya. Akan tetapi, disaat kondisi pandemi sekarang ini tentu saja banyak diantara pemilik mobil berusaha untuk mencari cara alternatif dikarenakan faktor efisiensi pengeluaran bulanan. Apalagi jika kondisinya masih masuk kategori penyok ringan.

Nah, 2 (dua) cara ini bisa dilakukan oleh para pemilik mobil yang mengalami kondisi penyok ringan, antara lain: menggunakan air panas dan hair dryer.

Menggunakan Air Panas

Dari beberapa pengalaman, diketahui bahwa cara memperbaiki penyok mobil pada mobil dengan menggunakan air panas ini memang sudah cukup dikenal oleh kalangan umum. Akan tetapi cara ini hanya bisa dilakukan untuk jenis bagian bodi mobil berbahan plastik ataupun serat karbon sehingga pada saat disiram dengan air panas beberapa kali, bagian bodi mobil yang penyok ringan dapat kembali ke bentuk normalnya.

Langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Masak air hingga mendidih dan masukkan ke dalam wadah tahan panas seperti teko atau ceret air.
  • Siramkan sedikit demi sedikit air panas tersebut ke bagian bodi mobil yang mengalami penyok ringan.
  • Berikan tekanan ke bagian bodi mobil yang mengalami penyok ringan menggunakan kain. Ingat jangan terlalu keras memberikan tekanan karena dikuatirkan bagian mobil tersebut bentuknya menjadi tidak normal.
  • Ulangi langkah-langkah diatas hingga beberapa kali sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

Menggunakan Hair Dryer

Berikutnya cara memperbaiki penyok ringan pada mobil Anda bisa menggunakan alat pengering rambut (hair dryer) dikombinasikan dengan cairan karbondioksida.

Langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Siapkan pengering rambut (hair dryer) dan sebotol cairan karbondioksida cair (cairan ini dapat dibeli di toko kimia terdekat di sekitar Anda).
  • Hidupkan hair dryer dan arahkan udara panas ke bagian bodi mobil yang mengalami penyok ringan.
  • Lakukan secara berulang-ulang hingga bagian bodi mobil tersebut terasa panas (biasanya sekitar 3-5 menit).
  • Dalam kondisi masih panas, langsung semprotkan cairan karbondioksida tadi ke bagian bodi mobil yang mengalami penyok ringan. Lalu tekan-tekan secara perlahan hingga bentuknya kembali seperti sedia kala.

Sistem kerja dari penggunaan alat pengering rambut dan cairan karbondioksida ini adalah memanfaatkan perubahan suhu secara tiba-tiba dari panas menjadi dingin. Perubahan suhu ini akan menyebabkan penyok bodi mobil ini akan tertarik akibat hentakan daya dorong yang muncul akibat perubahan suhu yang drastis dalam waktu singkat.

Seperti kita ketahui bahwa hair dryer mampu meningkatkan suhu secara drastis sedangkan cairan karbondioksida mampu menurunkan suhu secara cepat sekitar -109 derajat celcius.  Dengan perubahan suhu yang cukup drastis ini, bentuk bagian bodi mobil yang penyok ringan akan menjadi rata dan kembali ke bentuk asalnya.

Namun harus menjadi satu catatan bahwa kedua cara yang telah dijelaskan diatas hanya dapat digunakan untuk memperbaiki mobil yang penyok dengan ukuran yang kecil dan masuk dalam kategori ringan, bukan dalam skala yang besar dan terdapat bagian yang hancur.

Sekarang bicara mengenai resiko, setiap pemilik mobil tentu saja memiliki kemungkinan yang sama. Ya pastinya siapapun tidak akan menginginkan hal tersebut terjadi, namun tidak ada salahnya bagi para pemilik mobil untuk menggunakan fasilitas proteksi mobil yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan, salah satu diantaranya lifepal.co.id(DW)

Penulis: Dwi Wahyudi

Gravatar Image
Menjalani aktivitas sebagai seorang #BloggerPontianak, untuk saat ini juga sedang fokus mengembangkan usaha dibidang distributor daging beku resmi dan produsen hasil olahan daging di Kalimantan Barat.

Comment

News Feed