by

5 Cara Sederhana Mengatasi Tekstur Kulit Tidak Merata

Tekstur kulit yang tidak rata biasanya diakibatkan oleh kelebihan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Akibatnya, area kulit jadi terasa kasar atau bergelombang saat disentuh dan bisa juga membuat kulit tampak kusam. Kondisi ini bisa membuat tampilan kulit jadi tidak fresh, tampak lebih tua, dan menyebabkan hasil makeup jadi kurang sempurna.

Tetapi untungnya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tekstur kulit tidak rata tanpa perlu prosedur kecantikan yang mahal seperti laser atau bahkan operasi. Cukup dengan melakukan langkah-langkah berikut secara rutin, dijamin tekstur kulit akan menjadi lebih halus dan rata.

Baca juga: Jerawatan Selama di Rumah Aja? Ini Penyebabnya!

Mengatasi Tekstur Kulit Tidak Merata

Kamu bisa melakukan 5 cara sederhana berikut ini untuk mengatasi tekstur kulit tidak merata:

1. Minum cukup air

Menurut studi dalam jurnal Nutrients, memperbaiki tekstur kulit dapat dilakukan sesederhana menjaga agar tetap terhidrasi sepanjang hari karena kelembapan tersebut membantu membuat kulit tampak lembap dan terasa lebih halus. Kulit yang lembap juga cenderung mengurangi tampilan kusam, yang merupakan gejala umum tekstur yang tidak rata.

2. Eksfoliasi

Membuang sel-sel kulit mati yang menumpuk juga dapat memperbaiki tekstur kulit. Pastikan kamu melakukan eksfoliasi dua kali seminggu dengan scrub khusus, sikat pembersih yang lembut, atau chemical peeling, dan targetkan area yang terasa tidak rata.

Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa produk pengelupasan fisik yang terlalu abrasif, atau terlalu sering menggunakan produk eksfoliasi dapat menyebabkan produksi minyak berlebih, yang justru akan memperburuk masalah tekstur. Sebagai alternatifnya, pilihlah exfoliant kimiawi, karena memiliki sifat yang lebih lembut yang memungkinkan hasil yang lebih baik.

Baca juga: Mau Wajah Putih Alami, Lakukan Perawatan Kulit dengan Air Beras ala Korea

3. Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu bahan utama untuk meratakan warna kulit juga menghaluskan tekstur yang tidak rata. Dilansir dari laman Byride, menambahkan vitamin C ke dalam rutinitas perawatan kulit akan membantu memperbaiki tekstur kulit dengan memberikan antioksidan yang kuat untuk memperbaiki dan melindungi kulit dari kerusakan lingkungan dan memulihkan kekenyalan sekaligus mengurangi pigmentasi, jaringan parut, dan bintik-bintik penuaan.

Selain itu, pertahanan adalah kunci utama untuk menghindari lebih banyak masalah tekstur di masa mendatang. Jadi, tak ada salahnya untuk memasukkan vitamin C ke dalam rutinitas perawatan kulitmu.

4. Micro-needling

Micro-needling adalah salah satu metode perawatan kulit favorit para beauty enthusiast karena dapat memberikan hasil yang cepat untuk mengatasi masalah kulit yang cukup parah, salah satunya tekstur kulit yang tidak rata. Seperti namanya, prosedur ini memanfaatkan penggunaan jarum kecil untuk membuat tusukan di kulit.

Menurut laman Byride, prosedur ini akan menyebabkan cedera mikro dan memicu kulit masuk ke mode perbaikan, yang meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi tampilan pori-pori, bekas jerawat, dan garis-garis halus serta menghasilkan tekstur kulit yang lebih halus secara keseluruhan.

Ini juga memungkinkan penyerapan produk skincare yang lebih baik, sehingga produk perawatan kulit akan bekerja lebih efektif. Beberapa prosedur micro-needling yang cukup populer dan aman adalah dermaroller dan dermapen.

5. Gunakan face oil

Produk berbahan dasar minyak juga ideal untuk mengatur produksi sebum di kulit, sehingga membuat kulit lebih kenyal dan halus. Jika kamu membutuhkan kelembapan ekstra, coba gabungkan minyak wajah ke dalam perawatan kulit malam. Esok paginya, kamu akan bangun dengan kulit yang lembap, kenyal, dan lembut.

Demikianlah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tekstur kulit wajah yang tidak merata. Walaupun hasilnya tidak seinstan prosedur kecantikan di klinik, tapi dengan ketelatenan dan kesabaran, hasilnya bisa memuaskan dan bahkan permanen.

Baca juga: 4 Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan

Sumber:

Byrdie.com. How o fix eneven skin texture

Indian Dermatology Journal Online. Vitamin C in dermatology

Comment

News Feed