Ketika Bencana, Warga Diminta Terapkan 3M saat Berada di Pengungsian

KalbarOnline.com – Musim penghujan semakin dekat. Wilayah yang menjadi langganan bencana alam seperti banjir maupun tanag longsor tentu sudah mulai waspada, mengantisipasi ketika bencana alam datang sewaktu-waktu.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta kepada masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan 3M di lokasi pengungsian ketika bencana datang.

Sebab, di tengah pandemi Covid-19, lokasi pengungsian bisa menjadi klaster baru penularan virus Korona. “Masyarakat tetap patuhi 3M selama berada di lokasi pengungsian,” kata Wiku, beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Ini Struktur Baru MUI 2020-2025, Tengku Zulkarnain Tidak Masuk

Adapun 3 M yang dimaksud yakni wajib menjaga jarak, wajib memakai masker dan wajib mencuci tangan secara rutin. Langkah tersebut dianggap yang paling efektif melindungi diri dari penularan Covid-19.

Selain itu, Pemerintah Daerah (Pemda) juga diminta menyiapkan lokasi pengungsian yang aman. “Pemda harus monitoring ketat termasuk tracing dan testing di lokasi pengungsian,” ucap Wiku.

Baca Juga :  Cara Efektif Kenalkan Protokol Kesehatan 3M Pada Anak

Ia menjelaskan, menghadapi bencana alam dalam kondisi pandemi seperti sekarang membutuhkan sinergitas kuat antara Pemda, TNI, Polri dan institusi terkait. Dengan begitu, seluruh permasalahan yang muncul dapat dimitigasi secara maksimal.

“Mohon daerah rawan bencana segera hubungi BNPB atau BPBD untuk siapkan segala peralatan dan fasilitas yang dibutuhkan,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment