by

Perangkat Ini Bisa Ingatkan Pemotor Potensi Bahaya dan Batas Kecepatan

KalbarOnline.com – Bicara dunia otomotif kini tak melulu soal mesin, spesifikasi, dan performa kendaraan. Di era modern yang kaya teknologi dan inovasi seperti sekarang ini, industri otomotif juga mulai banyak yang kena sentuhan peralatan canggih yang menggoda konsumen untuk berbagai kebutuhan dan penunjang berkendara.

Selain itu, terkait dunia otomotif tak lengkap kalau tak membahas soal aksesori penunjang berkendara yang kini juga tak kalah canggih. Terbaru, sebuah gadget atau wearable alias perangkat yang dikenakan bisa memantau potensi bahaya dan batas kecepatan buat para biker atau pengendara sepeda motor.

Berbekal teknologi GPS dan deteksi G-Force dan telemetri yang bisa membantu pengendara dalam situasi yang mengerikan, perusahaan Motobit berbasis di Austria mengembangkan alat bernama Sentinel lebih dari dua tahun. Perangkat pintar ini dapat dikenakan menggunakan konektivitas Bluetooth untuk berkomunikasi dengan aplikasi Motobit di smartphone pengguna.

Ditempatkan di saku, di pergelangan tangan, atau diamankan di ikat pinggang, perangkat ini menggunakan umpan balik haptic untuk memberi tahu pengendara atau memberikan pengingat. Ketika dua atau lebih Sentinel dipasangkan, sistem akan memberi tahu leader jika ada anggota grup yang tertinggal atau berpotensi crash.

Properti pemantauan dan lokasi tersebut juga memungkinkan Sentinel memberikan saran dengan cepat. Menggunakan algoritma pelacakan untuk menilai kemampuan pengendara, jalan di depan, serta batas kecepatan lokal, perangkat wearable dapat merekomendasikan kecepatan berkendara yang sesuai.

Motobit juga memanfaatkan teknologinya untuk melengkapi perangkat wearable dengan kemampuan menghubungi layanan darurat. Sentinel akan memanggil kontak yang ditunjuk atau operator darurat jika sensor G-Force perangkat mendeteksi kecelakaan.

Pengguna juga dimungkinkan untuk dapat mengganti fitur tersebut jika mereka hanya menjatuhkan sepeda atau tidak memerlukan bantuan. Jika ada yang tertarik dengan Sentinel, mereka dapat mendukung kampanye dan memesan unit di Indiegogo Motobit.

Seperti banyak barang modern lainnya, Sentinel mengandalkan teknologi pemantauan dan pelacakan canggih untuk memberikan keamanan tambahan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed