MotoGP ke Indonesia, Pembalap Nasional Siap Berlaga di Kelas Premium

KalbarOnline.com-GP Indonesia secara resmi masuk dalam kalender balap MotoGP musim 2021. Kesempatan tersebut menarik perhatian MP1. MP1 adalah perusahaan berbasis manajemen olahraga asal Indonesia yang terlibat langsung dalam gebyar kejuaraan balap dunia.

MP1 mengumumkan bahwa mereka telah menjalin kerja sama jangka panjang dengan tim balap dunia Gresini Racing. Tujuannya adalah mengorbitkan pembalap muda Indonesia di masa depan.

Ya, mulai musim 2021, MP1 akan menjadi mitra dari Gresini di semua kategori balap. Yakni, MotoGP, Moto2, Moto3, dan MotoE. Salah satu proyek besar mereka adalah membangun akademi balap untuk mencari pembalap muda berbakat dari Indonesia.

Selanjutnya, mereka akan mendukung para pembalap untuk meretas jalan menuju pentas MotoGP dan kelak bisa memiliki tim sendiri. Chief Communications Officer MP1 Ance Dewianti menjelaskan, pergelaran GP Indonesia di Sirkuit Mandalika tahun depan turut mendorong keseriusan mereka.

Baca Juga :  Ganda Belia Indonesia Melawan Gigih Mantan No 1 Dunia di Game 1

’’Visi kami adalah mendukung pembalap muda Indonesia dan menemukan calon juara dunia asal Indonesia di masa mendatang,” kata Ance dilansir situs resmi Gresini Racing.

Indonesia menjadi salah satu basis fans MotoGP terbesar di dunia. Langkah MP1 menggandeng Gresini bisa menjadi upaya untuk melihat delegasi Indonesia mengaspal di kancah MotoGP.

Musim ini, Andi Farid Izdihar menjadi satu-satunya rider Indonesia yang berlaga di pentas Moto2. Gilang –sapaan Andi Farid– bernaung di bawah bendera Honda Team Asia. Dia satu tim bersama pembalap Thailand Somkiat Chantra. Sayang, sampai saat ini Gilang belum mampu bicara banyak. Dia belum mendulang satu pun poin dari 10 seri yang sudah berlangsung.

Sebelumnya, pada musim 2019, pembalap Indonesia lainnya, Dimas Ekky Pratama, juga tampil reguler bersama Honda Team Asia. Dia sempat digantikan Gilang, Gerry Salim, dan pembalap Jepang Teppei Nagoe karena mengalami cedera. Dimas juga sempat menjadi bagian tim Gresini di kelas Moto2 musim 2017. Dia berkesempatan mengaspal di GP Malaysia menggantikan peran Jorge Navarro.

Baca Juga :  Casey Stoner Berjuang Keras Melawan Sindrom Kelelahan

Manajer Tim Gresini Fausto Gresini menyambut baik kerja sama mereka dengan MP1. Dia menjelaskan, kerja sama tersebut direncanakan sejak November tahun lalu.

Namun, pandemi Covid-19 harus menunda pengumuman secara resmi. Alhasil, kedua pihak baru bisa merilis secara resmi kerja sama mereka pada Oktober 2020.
Gresini merupakan salah satu tim yang memiliki delegasi di setiap kategori kejuaran balap dunia.

’’Tujuan utama kami adalah suatu hari nanti (Indonesia) bisa memiliki tim di kejuaraan dunia untuk mewakili bangsa, budaya, dan antusias mereka untuk MotoGP,” papar Fausto.

Comment