by

Kemampuan Sosial yang Penting dan Wajib Kamu Miliki

Tidak semua orang bisa dengan mudah bersosialisasi dengan baik. Ada beberapa alasan yang menjadi penyebabnya. Beberapa individu cenderung menghindari sosialisasi dengan orang baru karena kecemasan dan ketidaknyaman yang mungkin mereka alami. Penyebab lain ialah, seseorang memiliki kepribadian tertutup dan lebih suka menghabiskan waktu sendirian daripada dikelilingi orang-orang.

Lantas, bagaimana dengan Kamu, Gengs? Well, apa pun kategori Kamu, yang terbaik ialah menumbuhkan kemampuan sosial yang sehat dan juga strategi komunikasi efektif dengan orang lain. Bagaimana pun, kemampuan sosial seperti komunikasi, empati, interpersonal dan keterampilan mendengarkan, tidak hanya bermanfaat untuk kehidupan Kamu pribadi, tapi juga kehidupan profesional.

Baca juga: Hidup Berumah Tangga Tidak Seindah Feed Media Sosial

Kemampuan Sosial Jadi Kunci Keberhasilan di Masa Depan

Di tempat kerja, kemampuan sosial dapat menjadi aspek penting dari interaksi, perencanaan, dan kolaborasi dengan rekan kerja. Kemampuan sosial merupakan kompetensi yang memfasilitasi komunikasi dan interaksi dengan orang lain di lingkungan apa pun.

Keterampilan sosial bisa menjadi penting saat berinteraksi dengan teman sebaya, mempersiapkan wawancara, mengelola proyek di tempat kerja, atau bahkan bertemu orang baru. Kemampuan sosial menjadi salah satu keterampilan terpenting yang dikembangkan sejak anak-anak karena sering berfungsi sebagai prediktor keberhasilan seseorang di masa depan.

Peneliti dari Pennylvania State University dan Duke University menemukan bahwa, seseorang memiliki kemampuan sosial lebih baik, empat kali lebih mungkin untuk lulus dari universitas.

Selain itu, keterampilan sosial seringkali dikaitkan dengan kemandirian, kesejahteraan emosional, lebih baik dalam memecahkan masalah dan merespons situasi sosial. So, jika Kamu merasa orang yang canggung bersosialisasi atau kesulitan melakukan percakapan dengan orang lain karena pemalu, hal itu dapat memengaruhi kehidupan sosial dan karier Kamu lho, Gengs!

Baca juga: Mengajarkan Sosialisasi Pada Anak

Lima Kemampuan Sosial yang Penting dan Wajib Kamu Punya!

Jika Kamu mulai meningkatkan kemampuan sosial dengan mengikuti dan menerapkannya, Kamu bisa memulai percakapan dengan percaya diri. Inilah 5 kemampuan sosial yang wajib Kamu punya.

1. Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Jangan biarkan kecemasan dan sifat pemalu yang Kamu miliki menahan kalian untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Cobalah untuk berbicara dengan orang yang baru Kamu kenal dan temui.

Jangan ragu dan malu untuk melakukan percakapan, bahkan ketika Kamu merasa gugup. Seiring berjalannya waktu, beradaptasi dengan lingkungan baru akan mudah Kamu lakukan. Dengan begitu, Kamu dapat mulai meningkatkan kemampuan sosial, Gengs!

Cara lain untuk beradaptasi dengan lingkungan baru ialah melakukan percapakan kecil dengan seseorang, entah itu teman lama atau orang yang baru ditemui, jika memang diperlukan. Berlatihlah untuk membuat obrolan ringan secara bertahap, dimulai dengan mengajukan pertanyaan ke orang yang sedang terlibat obrolan dengan Kamu. Ajukan pertanyaan yang membutuhkan jawaban panjang, tidak sekadar ya atau tidak.

Baca juga: Tips Membantu Anak Pemalu untuk Bersosialisasi

2. Memahami Privasi Orang Lain

Empati berperan penting dalam bersosialisasi dengan orang lain dan mengidentifikasi minat yang sama. Empati juga memungkinkan Kamu untuk benar-benar memahami perasaan, pikiran, dan ide orang lain.

Jika Kamu lebih memahami perspektif rekan kerja, menghargai ide mereka, dan merasa nyaman, besar kemungkinan Kamu dapat berkolaborasi secara efektif dengan orang lain. Namun, Kamu harus menghargai privasi seseorang.

Apabila seseorang memberikan jawaban singkat atas pertanyaan yang kamu ajukan, itu artinya mereka tidak ingin memberitahumu. Hargai keputusan mereka dan jangan bertindak berlebihan dengan terus mendesaknya hingga mereka terpaksa memberikan jawaban seperti yang Kamu inginkan. Ingatlah bahwa, jika memang mereka ingin bercerita padamu, mereka akan melakukannya tanpa perlu dipaksa. So, hargai privasi orang lain ya, Gengs!

3. Bertanggung Jawab Atas Perbuatanmu

Keterampilan sosial dapat membuat atau menghancurkan kesepakatan bisnis, hubungan, atau hal sederhana seperti percakapan yang menyenangkan. Kemampuan untuk berkomunikasi, terlibat dan mendengarkan secara aktif bukan hanya keterampilan sosial, tapi juga kebutuhan dalam setiap kegiatan, entah itu pergaulan atau bisnis. Dengan demikian, Kamu akan membangun lingkaran sosial yang besar dan memungkinkan Kamu bertemu lebih banyak orang.

“Dalam industri teknologi, seseorang dengan kemampuan sosial yang baik dianggap memiliki pemahaman lebih daripada insinyur dengan keterampilan sosial yang buruk. Ada sterotip dan norma sosial yang dapat diterima. Memiliki kemampuan sosial yang baik merupakan sumber daya tak ternilai,” kata Ian McClarty, CEO PhoenixNAP Global IT Solutions.

4. Memberikan Pendapat

Keterampilan sosial memungkinkan Kamu menyampaikan pendapat dengan cara yang benar saat berinteraksi dengan orang lain. Dengan demikian, mereka tidak akan salah paham dengan apa yang Kamu katakan. Karena biasanya, seseorang yang memiliki kemampuan sosial buruk tidak bisa menyampaikan pendapatnya dengan baik.

Hindari apa pun yang terlalu kontroversial seperti politik. Bicarakan hal lain yang menarik seperti tren terkini dan hobi yang Kamu miliki. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai percakapan dan membantu Kamu tetap pada topik yang netral. Dan, belajarlah untuk mengatakan tidak. Menolak permintaan menunjukkan bahwa Kamu tahu apa yang membuatmu nyaman.

5. Meminta Maaf

Jangan pernah gengsi untuk meminta maaf. Meminta maaf menunjukkan penyesalan atas tindakan yang Kamu buat. Dengan meminta maaf, Kamu mengakui luka yang disebabkan oleh tindakan yang telah Kamu lakukan terhadap orang lain.

Tidak mudah untuk meminta maaf. Namun, meminta maaf merupakan cara efektif untuk memulihkan kepercayaan dan keseimbangan dalam suatu hubungan, ketika Kamu melakukan kesalahan.

Saat meminta maaf, lakukan dengan setulus hati. Permintaan maaf yang tulus menunjukkan bahwa Kamu bertanggung jawab atas tindakan yang telah dilakukan. Permintaan maaf juga dapat memperkuat kepercayaan diri, harga diri, dan reputasi Kamu. Meminta maaf merupakan salah satu cara terbaik untuk memulihkan integritas Kamu di mata orang lain.

Baca juga: Minta Maaf, Cara Terbaik Akhiri Drama Percintaan!

Referensi:

Pyramid Healthcare. Why It Is Important to Have Strong Social Skills and 5 Ways to Enhance Them

indeed. 5 Ways to Develop Your Social Skills (and Why It’s Important)

Lifehack. 12 Ways To Improve Social Skills And Make You Sociable Anytime

GoodTherapy. The Importance of Social Skills: Raising a Socially Intelligent Child

Up Journey. Why are Social Skills Important?

MindTools. How To Apologize

Comment

News Feed