by

Rekor Gelar Rafael Nadal di Prancis Terbuka Diprediksi Abadi

KalbarOnline.com – Koleksi 13 gelar juara grand slam Prancis Terbuka yang dikumpulkan Rafael Nadal mungkin bakal abadi. Artinya, bakal sulit disamai siapa pun. Paling tidak itulah prediksi dari mantan ranking satu dunia Andy Murray.

Murray yang sudah mengumpulkan tiga gelar grand slam sepanjang karir mengatakan, bahkan mendekati rekor milik Nadal tersebut akan sangat sulit bagi para petenis mana pun.

’’Ini adalah salah satu rekor terbaik yang pernah ada dalam dunia olahraga,’’ ucap Murray dilansir AFP. ’’Atau mungkin memang yang paling baik,’’ tambahnya.

Sebanyak 13 gelar yang didapat Nadal dari grand slam lapangan tanah liat itu hanya terpaut satu gelar dari total trofi grand slam yang dikumpulkan legenda tenis Amerika Serikat (AS) Pete Sampras sepanjang karir.

Padahal, Nadal sampai saat ini sudah mengumpulkan 20 gelar dari seluruh grand slam. ’’Dia hanya butuh satu kejuaraan ini untuk mengimbangi Pete (Sampras). Itu benar-benar luar biasa,’’ ucap Murray.

Jika melihat daftar kolektor juara Prancis Terbuka sampai saat ini, prediksi Murray tersebut memang masuk akal. Dalam 20 tahun terakhir, hanya ada tujuh nama yang sanggup menjadi juara ajang tersebut selain Nadal. Dari tujuh nama itu, tinggal tiga nama yang masih aktif. Mereka adalah Roger Federer, Novak Djokovic, dan Stanislas Wawrinka.

Federer, Djokovic, maupun Wawrinka sudah berusia 30 tahun ke atas. Sampai saat ini, mereka juga baru mengumpulkan satu gelar dari Prancis Terbuka. Artinya, butuh 12 piala lagi yang harus mereka kumpulkan untuk menyamai Nadal. Itu nyaris mustahil bisa terjadi dengan usia mereka saat ini.

Andai ada seorang petenis muda baru yang bersinar, siapa pun dia akan butuh kerja sangat keras untuk mulai memenangkan Prancis Terbuka.

Nadal sendiri mengangkat trofi pertamanya di Prancis Terbuka pada edisi 2005. Total, petenis kidal tersebut tampil 16 kali di ajang tersebut. Sebanyak 13 kali di antaranya dia selesaikan dengan menggondol pulang piala.

Comment

News Feed