by

Cara Meredakan Nyeri Kontraksi

Banyak wanita yang enggan melahirkan normal karena takut akan nyeri kontraksi yang dirasakan. Walaupun itu pasti terjadi, Mums sebenarnya bisa membantu meredakan nyeri kontraksi tanpa obat. Apa saja cara meredakan nyeri kontraksi tanpa obat yang dimaksud? Baca penjelasannya di bawah ini ya, Mums!

Baca juga: Ini Penyebab Sesak Napas saat Hamil

Cara Meredakan Nyeri Kontraksi Tanpa Obat

Beberapa cara meredakan nyeri kontraksi tanpa obat ini bisa Mums coba ikuti:

1. Buat Suasana Menenangkan

Buatlah suasana senyaman mungkin selama Mums menghadapi kontraksi. Jika Mums masih berada di rumah, berbaringlah di tempat tidur serta putar musik yang menenangkan. Minta Dads untuk berada di sisi Mums dan membantu menguatkan Mums. Jika Mus sudah berada di rumah sakit, maka alihkan pikiran Mums dari rasa sakit dengan memikirkan hal-hal yang menyenangkan.

2. Pelajari Tentang Persalinan

Mendekati HPL, banyak-banyaklah mempelajari tentang persalinan. Mums bisa belajar lewat buku, situs, video, atau diskusi dengan dokter dan keluarga. Pastikan Mums sudah familier dengan prosedur dan aturan di rumah sakit atau tempat melahirkan yang Mums pilih.

3. Ekspresikan Kekhawatiran Mums

Apakah Mums khawatir dan takut dengan rasa sakit, jarum suntik, obat-obatan, dan kemungkinan bahwa Mums tidak cukup kuat untuk melahirkan secara normal? Keluarkan keluh kesah dan kekhawatiran tersebut kepada orang-orang terdekat dan dokter. Mengutarakan kekhawatiran bisa meredakan rasa takut Mums di hari H.

4. Atur Napas

Teknik pernapasan bisa membantu Mums mengatasi kontraksi. Saat mengalami kontraksi, cobalah bernapas dalam dan perlahan. Keluarkan ketegangan dalam setiap hembusan napas Mums. Mums juga bisa sesekali mencoba bernapas cepat. Ini merupakan salah satu cara meredakan nyeri kontraksi tanpa obat.

BACA JUGA:  Boleh Tidak Sih Ibu Hamil Makan Salmon?

5. Gunakan Audio Visual

Cobalah fokus pada hal-hal yang membuat Mum senang, misalnya menatap wajah pasangan atau gambar tertentu yang Mums sukai. Hal ini bisa membantu menurunkan kesadaran Mums terhadap rasa sakit. Mums juga bisa mendengar musik yang menenangkan supaya lebih rileks.

Baca juga: Mendekati HPL Belum Ada Tanda Bayi akan Lahir? Berikut Alternatif Induksi Alami untuk Mums

6. Mandi atau Berendam Air Hangat

Mandi air hangat bisa menenangkan. Mums dapat mandi sambil duduk di kursi dengan posisi yang nyaman, lalu mengguyur air hangat ke area perut dan punggung.

7. Terus Bergerak

Salah satu cara meredakan nyeri kontraksi tanpa obat adalah dengan terus bergerak. Mums bisa berjalan-jalan atau sekadar menggoyangkan panggul. Pilihlah posisi yang menurut Mums paling nyaman.

8. Gunakan Kompres Hangat atau Dingin

Cobalah tempel kompres hangat di bagian bawah abdomen, selangkangan, punggung bagian bawah, atau pundak. Kompres dingin bisa membantu meredakan bagian tubuh lain yang nyeri, tetapi hindari penggunaannya di abdomen. Kompres dingin biasanya bisa digunakan di wajah, dada, atau leher.

10. Pijat Tubuh

Pijat dan sentuhan bisa membantu menenangkan dan meredakan nyeri kontraksi yang Mums alami. Minta bantuan pasangan atau tenaga medis untuk memijat Mums secara perlahan menggunakan minyak atau losion. (AS)

Baca juga: Tinggi Kolesterol, Bumil Kurangi Konsumsi Hati dan Ampela Ayam, ya

Referensi

Parents.com. Ways to Ease Contractions Without Drugs. November 2018.

Comment

Terbaru