by

Cara Ampuh Memotong Bawang Tanpa Menangis!

Bagi Geng Sehat yang hobi masak, pasti sudah sering mengalami masalah mata berair saat memotong bawang. Tidak heran jika banyak orang yang berusaha mencari cara memotong bawang tanpa menangis.

Meskipun bukan hal yang serius, tapi keluarnya air mata saat memotong bawang bisa cukup mengganggu. Tapi, Geng Sehat tidak perlu khawatir. Ada beberapa trik dan cara memotong bawang tanpa menangis yang bisa dicoba.

Di bawah ini kita menelusuri kebenaran teori dan trik tersebut. Yuk, langsung aja baca penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Atasi Rambut Rontok dengan Bawang Putih

Cara Memotong Bawang Tanpa Menangis

Di bawah ini kita akan membahas beberapa teori atau cara memotong bawang tanpa menangis yang diklaim banyak orang cukup ampuh.

1. Memakai Kacamata Khusus Pelindung Mata untuk Memotong Bawang

Bawang mengandung enzim khusus yang keluar ketika dipotong. Jika terpapar udara, enzim tersebut bereaksi dan membentuk tetesan halus asam sulfat. Uap air tersebut menyebabkan iritasi mata, dan memicu kelenjar air mata untuk memproduksi air mata.

Jadi, cara terbaik untuk mencegah keluarnya air mata saat memotong bawang adalah dengan menghalangi paparan asam tersebut terhadap mata, yaitu dengan menggunakan kacamata.

Apakah berhasil? Menurut orang yang pernah menggunakan kacamata khusus pelindung mata untuk memotong bawang, alat ini cukup ampuh mencegah keluarnya air mata saat memotong bawang. Kalau Kamu mau mencobanya, belilah kacamata dengan ukuran yang pas dengan wajah dan kepala Kamu.

2. Dinginkan Bawang di Freezer Terlebih Dahulu

Teori lain terkait cara memotong bawang tanpa menangis adalah dengan memasukkan bawang ke freezer selama 15 menit sebelum dipotong. Sel-sel bawang yang dingin lebih lambat beraksi. Ini artinya, bawang hanya akan memproduksi enzim dalam jumlah yang sedikit, sehingga risiko Kamu mengeluarkan air mata semakin kecil.

Apakah berhasil? Kebanyakan orang yang pernah mempraktikkan teori ini mengaku bahwa mereka cukup terkejut mendapatkan mata mereka tetap kering saat memotong bawang. Untuk membuktikannya, Kamu bisa mencoba sendiri!

3. Teteskan Jus atau Air Lemon ke Talenan

Salah satu klaim cara memotong bawang tanpa menangis adalah dengan memeras jus atau air lemon di atas talenan. Asam sitrus di dalam lemon akan menetralkan enzim bawang.

Apakah berhasil? Menurut orang yang pernah mencobanya, ternyata teori ini cukup ampuh. Beberapa orang mengklaim bahwa mata mereka tetap sedikit pedas, tapi tidak sampai mengeluarkan air mata.

Bagaimana dengan Cara Berikut Ini?

Selain dua cara di atas, ternyata ada cara lain memotong bawang tanpa menangis, namun kenyataannya tidak berhasil.

1. Memotong Bawang di Dekat Air Panas yang Mengalir atau Uap

Ada teori lain yang mengatakan bahwa memotong bawang di dekat air panas yang mengalir atau di dekat uap bisa mencegah keluarnya air mata. Menurut teori, uap tersebut akan membasmi uap dari bawang, sehingga tidak semua uap terpapar di mata.

Apakah berhasil? Beberapa orang mengaku telah mencoba teori ini dan mereka mengaku bahwa cara ini tidak ampuh. Mereka malah mengatakan bahwa mata cenderung lebih perih karena tercampur dengan tambahan uap.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Kenali Jenis-jenis Minyak Zaitun!

2. Bersiul

Menurut satu teori, Kamu bisa bersiul untuk mencegah keluarnya air mata saat memotong bawang. Saat bersiul, Kamu mengeluarkan dan mendorong udara menjauh dari wajah. Hal ini sekaligus mencegah paparan uap dari bawang kepada mata.

Apakah berhasil? Menurut kebanyakan orang yang mencobanya, cara ini tidak memiliki efek apapun. Bersiul tidak menghentikan air mata keluar saat memotong bawang.

3. Nyalakan Lilin

Menurut salah satu teori, keluarnya air mata saat memotong bawang bisa dicegah dengan cara menyalakan lilin dan menaruhnya di dekat talenan sebelum kita memotong bawang. Menurut teori, api lilin akan membasmi uap yang dikeluarkan oleh bawang.

Apakah berhasil? Orang yang mencoba teori ini mengatakan bahwa teori ini sama sekali tidak ampuh. Api dari lilin sama sekali tidak mencegah paparan uap dari bawang terhadap mata. (UH)

Baca juga: Membaca Label Nutrisi, Kunci Keberhasilan Diet?

Sumber:

DailyMail. Hate crying when you chop onions? Put them in the freezer! Tips and tricks to avoid watering eyes including wearing GOGGLES. Agustus 2015.
Greatist. How to Cut an Onion Without Crying (We Tried Everything!). Juni 2020.

Comment

News Feed