Categories: Teknologi

15 Desember, Say Goodbye Buat Yahoo Groups

KalbarOnline.com – Ada yang masih aktif menggunakan forum online Yahoo Groups yang sempat sangat populer beberapa tahun lalu? Jika ada, Anda tampaknya harus bersiap diri.

Pasalnya, forum online legendaris Yahoo Group dipastikan akan ditutup 15 Desember 2020 mendatang. Verizon, sebuah perusahaan telekomunikasi Amerika Serikat yang membeli perusahaan tersebut tiga tahun lalu, berencana untuk menghapus situs groups.yahoo.com.

“Kami menutup situs Yahoo Groups pada 15 Desember 2020 dan anggota tidak lagi dapat mengirim atau menerima email dari Yahoo Groups. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang penutupan Yahoo Groups dan opsi layanan alternatif di halaman bantuan ini,” jelas pengumuman yang terpampang di situs Yahoo Groups.

Jelas, ini seharusnya tidak mengejutkan karena ada banyak platform grup online populer lainnya seperti Reddit, Facebook, Google, dan lainnya yang lebih menarik dan membuat Yahoo Groups menjadi sangat sulit bersaing. Mungkin itu masalahnya.

Tetapi Verizon juga berperan dalam ‘membunuh’ Grup Yahoo pada Oktober lalu dengan melarang pengguna membuat diskusi baru, serta menghapus semua konten lama pengguna pada 14 Desember 2019. Dengan pengumuman baru tersebut, Verizon juga mengatakan bahwa pengguna Yahoo Grup bahkan tidak dapat membuat grup baru.

Jadi, hanya fungsi email yang akan berfungsi sejak saat itu. Alasan dibalik penutupan ini masih belum jelas, namun tampaknya Verizon tak lagi melihat profit pada layanan Yahoo yang sempat populer itu.

Jika benar alasannya demikian, maka wajar saja Verizon menutupnya. Hal itu dilakukan untuk dapat menghemat pengeluaran operasional, misalnya tim di balik Yahoo Groups.

Pengumuman hari ini menandai akhir jalan untuk salah satu sistem papan pesan terbesar di internet pada masanya. Meskipun demikian, terlepas dari sejarah jangka panjangnya, layanan Yahoo Groups, yang diluncurkan 19 tahun lalu pada tahun 2001, telah terseok-seok selama bertahun-tahun.

Ia pun perlahan-lahan kehilangan sebagian besar basis pengguna yang dulu sangat besar. Para pelanggan beralih ke layanan yang lebih baru seperti Reddit, Google Groups, dan Grup Facebook.

Verizon, tidak pernah memiliki rencana untuk menghidupkan kembali layanan tersebut. Pasalnya, Yahoo Groups terus mengalami penurunan pengguna selama beberapa tahun terakhir. Ini kemudian membuat mereka mulai menghentikannya secara bertahap tahun lalu.

Proses dua tahap awal diumumkan pada Oktober 2019. Pada saat itu, Verizon mengumumkan bahwa pengguna tidak lagi dapat membuat konten baru (diskusi) ke situs setelah 21 Oktober, dan perusahaan berencana untuk menghapus secara permanen semua konten pengguna sebelumnya pada 14 Desember 2019.

Secara misterius, Verizon juga menghentikan upaya pengguna untuk mengarsipkan diskusi mereka sebelumnya. Meskipun langkah-langkah Verizon tahun 2019 memungkinkan situs web Grup Yahoo tetap aktif, situs tersebut tidak pernah sama dari sebelumnya.

Pengguna kehilangan kemampuan untuk mengunggah diskusi baru di papan Yahoo, tetapi mereka masih memiliki kemampuan untuk membuat grup baru dan melakukan percakapan email massal dengan semua anggota sekaligus.

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Penemuan Mayat di Selokan Jalan Gajah Mada Gegerkan Warga

KalbarOnline, Pontianak - Sejumlah warga dan pengendara jalan dihebohkan dengan penemuan sesosok mayat laki-laki mengapung…

20 mins ago

Disdik Kayong Utara Gelar Seleksi Talenta O2SN dan FLS2N Tingkat Kabupaten

KalbarOnline, Kayong Utara - Pemkab Kayong Utara melalui Dinas Pendidikan menggelar seleksi ajang talenta O2SN…

2 hours ago

Dua Bocah Bawah Umur Tewas Kecelakaan di Jalan Putri Dara Hitam Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Dua bocah bawah umur, MR (13 tahun) dan FB (13 tahun), tewas…

3 hours ago

Pj Wako Pontianak Harap Pekan Budaya Laskar Melayu Jadi Agenda Tetap

KalbarOnline, Pontianak - Laskar Pemuda Melayu (LPM) Kalimantan Barat (Kalbar) bekerja sama dengan Pemerintah Kota…

4 hours ago

Wujudkan Kedaulatan Pangan, Pemkab Kubu Raya Percepat Gerakan Tanam Padi

KalbarOnline, Kubu Raya – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar kegiatan Gerakan Tanam Padi (Gertam) 2024…

17 hours ago

Wabup Ketapang Hadiri Anniversary dan Halal Bihalal Generasi Rock Ketapang

KalbarOnline, Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, Farhan menghadiri Anniversary 3 tahun sekaligus halal bihalal Generasi…

20 hours ago