Modifikasi Honda Civic Nouva Lawas Manfaatkan Teknologi 3D Printing

KalbarOnline.com – Satu lagi kolaborasi produk modifikasi lokal muncul di gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 Virtual Event. Ajang IMX 2020n yang digelar 10 Oktober kemarin menyajikan sebuah konsep modifikasi widebody kit.

Ini merupakan hasil kerja sama seorang  konseptor modifikasi Pengepul Mobil dengan Musa Tjahjono, Head of Designer rumah modifikasi West Coast Customs di California, Amerika Serikat yang berasal dari Surabaya.

Kolaborasi keduanya adalah membuat paket wide body kit untuk Honda Civic Nouva (EF) hatchback atau Civic Generasi keempat yang beredar medio 1987-1991. Paketnya terdiri dari front bumper, front lip, front widebody fenders, side skirts, rear widebody fenders, serta rear bumper with diffuser.

Musa Tjahjono yang merupakan lulusan universitas bergengsi dalam ranah desain, Art Center College Design of Pasadena di California, Amerika Serikat. (dok. IMX)

“Kami melihat Civic EF adalah salah satu model Honda hatchback yang terlupakan sejak ada Civic EG (Estilo). Padahal EF memiliki potensi sebagai bahan modifikasi. Kami mau membuktikan dengan widebody kit ini Civic Nouva bisa tampil keren juga,” ujar Musa Tjahjono.

Sebagai informasi, Musa merupakan lulusan universitas bergengsi dalam ranah desain. Yaitu Art Center College Design of Pasadena di California, Amerika Serikat.

Baca Juga :  KTM 390 Adventure Resmi Melenggang di Indonesia Dibanderol Rp119 Juta

Civic EF di beberapa negara barat dianggap sebagai salah satu model Honda legendaris yang sedang diincar para pemain modifikasi dan balap. Mobil ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik dalam soal desain, bobot yang ringan, serta konstruksi kaki-kaki yang tangguh.

“Saya merasa senang bisa berkolaborasi dengan Musa Tjahjono. Karena biasanya dia membuat konsep desain untuk artis-artis dan film-film Hollywood. Namun kali ini bisa mendesain untuk mobil ini,” ulas Jacki sang Pengepul Mobil.

Desain widebody kit tersebut diinspirasi dari mobil-mobil balap DTM (Deutsche Tourenwagen Masters) atau balap mobil touring di Jerman.

Modifikasi Honda Civic Nouva (EF) bodikit bumper depan
Modifikasi Honda Civic Nouva (EF) bodikit bumper depan. (dok. IMX)

“Saya berpikir kalau mobil DTM punya body kit dengan garis-garis tegas yang juga bisa diterapkan ke Civic EF yang bentuknya kotak, supaya aerodinamikanya meningkat,” jelas Musa.

Modifikasi Honda Civic Nouva (EF) bodikit bumper depan. (dok. IMX)
Modifikasi Honda Civic Nouva (EF) bodikit bagian samping. (dok. IMX)

Proses pembuatan widebody kit ini menggunakan teknologi 3D printing untuk mendapatkan tingkat kepresisian tinggi saat dipasang ke mobil. Di mana ada ribuan potongan widebody kit yang digabungkan sebelum dicetak ke bentuk jadinya.

Baca Juga :  Kontes Modifikasi Digital Pakai Suzuki XL7 atau GSX-R150
Modifikasi Honda Civic Nouva (EF) bodikit bagian bumper belakang. (dok. IMX)
Modifikasi Honda Civic Nouva (EF) bodikit bagian bumper belakang. (dok. IMX)

Teknologi 3D printing ini membutuhkan waktu pengerjaan yang relatif lebih cepat, terbukti hanya dalam waktu 1 bulan konsep widebody kit Civic Nouva EF ini selesai dikerjakan.

Widebody kit ini akan diproduksi secara eksklusif dan dipasarkan ke seluruh dunia dan dikerjakan sepenuhnya di dalam negeri. Sistem pembeliannya melalui pesanan terlebih dahulu via Instagram direct message ke akun @pengepul_mobil. Paketnya dijual seharga 2.500 dolar Amerika Serikat di luar pengecatan dan pemasangan.

Andre Mulyadi selaku IMX Project Director menyatakan, setiap penyelenggaraan IMX selalu memberikan panggung untuk pelaku industri modifikasi dan aftermarket. Ajang ini sebagai sarana untuk mengenalkan merek atau produk barunya kepada khalayak.

“Kami mempunyai tujuan mengerakkan dan menggairahkan industri modifikasi Indonesia. Maka kami sangat mengapresiasi peluncuran widebody kit kolaborasi Musa Tjajono dengan Pengepul Mobil yang akan menambah satu lagi produk modifikasi lokal yang akan mendunia. Selamat!,” tutup Andre.

Comment