Fakta Unik Bagian Tubuh yang Jarang Diperhatikan

Berbicara tentang organ tubuh, seberapa kenal Geng Sehat dengan organ tubuh sendiri? Gengs mungkin sudah biasa mengenal organ tubuh yang keliatan atau sering digunakan seperti panca indera, tangan, kaki, atau organ dalam tubuh seperti paru-paru, jantung, dan ginjal.

Namun pernahkah Geng Sehat sadari bahwa ternyata organ tubuh kita mempunyai hal-hal unik yang mungkin jarang mendapat perhatian, namun faktanya mempunyai fungsi yang menakjubkan. Apa sajakah itu?

Baca juga: 6 Makanan yang Mirip Organ Tubuh Beserta Manfaatnya

Fakta Unik Bagian Tubuh yang Jarang Diperhatikan

Berikut ini beberapa unik organ tubuh dengan fakta unik:

1. Alis

Bagian tubuh yang berada di atas mata ini sering dianggap tidak mempunyai fungsi. Sebagian dari wanita masa kini malah suka mencukurnya dan melukis ulang alisnya. Tahukah Kamu jika alis mempunyai fungsi melindungi mata dari keringat, air, juga debu. Bentuk alis yang melengkung berfungsi untuk mengarahkan kelembaban ke sisi wajah untuk menjaga area mata kita tetap kering.

Tidak hanya itu, alis juga berperan sebagai pengidentifikasi wajah. Mirip dengan sidik jari, setiap orang memiliki bentuk alis yang berbeda. Alis juga membantu dalam ekspresi wajahmu, sebagai contoh saat satu alis terangkat bisa menandakan sikap skeptis.

2. Rambut Hidung

Bagian ini mungkin kamu tidak sadari ada. Rambut di hidung kita berfungsi seperti saringan sehingga udara yang masuk ke saluran nafas terjaga kebersihannya. Partikel asing seperti debu, virus, bakteri, spora disaring oleh rambut hidung sebelum masuk ke dalam paru-paru. Karena itu, rambut hidung sering disebut sebagai lini pertahanan tubuh pertama. Tak hanya itu, bulu hidung juga berfungsi menjaga kelembaban udara yang kita hirup.

Baca Juga :  Sosok Google Doodle Hari Ini: Marie Thomas, Dokter Obgin Pertama di Indonesia

Baca juga: Jangan Dilakukan, Ini Bahaya Mencabut Rambut Hidung!

3. Air Liur

Meskipun hanya cairan yang kita mungkin tidak memperhatikannya, air liur ternyata mempuyai banyak sekali manfaat dalam menjaga kesehatan mulut. Air liur berfungsi untuk membersihkan sisa makanan dan kotoran pada rongga mulut, sebagai pelumas dan memecah makanan untuk memudahkan dalam menelan, membantu meningkatkan rasa makanan. Air liur juga menjaga pH mulut sehingga mencegah penyakit di rongga mulut dan menjaga gigi tetap kuat

4. Rambut Ketiak

Rambut satu ini juga sering dicabut atau dicukur karena secara estetika dianggap kurang enak dipandang. Tapi tahukah Gengs, rambut ketiak mengeluarkan aroma tertentu yang mengandung feromon, yang berperan menimbulkan ketertarikan seksual (sexual attraction). Rambut ketiak juga berfungsi mencegah kontak kulit ke kulit saat melakukan aktivitas tertentu, seperti berjalan dan berlari.

Baca juga: Bahan Alami Ini Bisa Memutihkan Ketiak, Lho

5. Kuku

Kuku bisa menambah keindahan jari, karena itu sering dicat atau sengaja dibiarkan panjang dengan tujuan estetika. Tahukah Gengs, ternyata kuku mempunyai fungsi tertentu dan bisa sebagai penanda adanya penyakit. Kuku berperan melindungi ujung jari dari cedera dan meningkatkan sensasi terhadap sentuhan.

Unit kuku memiliki suplai darah yang kaya dengan banyak saluran anastomosis, guna memastikan aliran darah berjalan baik. Beberapa penyakit bisa terdeteksi dari warna dan bentuk kuku, antara lain psoriasis, Lupus, Raynaud disease, endokarditis dan lainnya.

Baca Juga :  Punya Tujuan Hidup Bikin Kamu Lebih Sehat dan Bahagia

6. Pusar Perut

Mugkin selama ini kita sering mengabaikannya karena menganggap pusar tidak ada fungsinya. Tapi tahukah Gengs, pusar punya banyak fungsi, lho. Pusar dipakai sebagai titik penanda pada saat operasi untuk mengetahui serat otot karena posisinya yang di tengah.

Pusar membantu kerja kelenjar pankreas, kandung empedu juga organ hati agar tidak terjadi keracuan. Pusar juga memiliki banyak ujung saraf yang membuat area ini lebih sensitif terhadap rangsangan seksual.

7. Usus Buntu

Organ tubuh satu ini disebut juga sebagai umbai cacing karena bentuknya seperti cacing. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa usus buntu kaya akan sel limfoid, yang membantu tubuh melawan infeksi, dan karenanya dapat berperan dalam fungsi kekebalan tubuh. Teori terbaru menyebutkan bahwa usus buntu merupakan rumah “aman” bagi mikroba usus untuk bersimbiosis.

Ternyata bagian tubuh yang mungkin selama ini tidak menjadi perhatian kita, mempunyai banyak manfaat ya Gengs. Setiap organ tubuh, sekecil apapun mempunyai peran tertentu untuk menjalankan fungsi tubuh kita. Mari kita jaga dan rawat organ tubuh kita dengan baik.

Baca juga: Usus Buntu Ada Fungsinya apa Enggak, Sih?

Referensi

1. Tiwari M. 2011. Science behind human saliva. J Nat Sci Biol Med. Vol.2 (1):p. 53–58.

2. I. A. Kooij et al. 2016. The immunology of the vermiform appendix: a review of the literature. Clinical and Experimental Immunology. Vol.186: p. 1–9.

3. They Might Seem Useless, But These 8 Body Parts Actually Have Surprisingly Cool Functions. https://www.sciencealert.com/

Comment