Curhat Prabowo Jadi Menhan: Birokrasi Rumit Hingga Asal Bapak Senang

KalbarOnline.com – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengungkap kesulitan yang dia hadapi selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan). Terutama soal birokrasi.

Hampir setahun menjabat sebagai Menhan, Prabowo mengaku kerap dibuat kesulitan oleh birokrasi yang rumit. “Memang di Indonesia ini ada budaya yang saya lihat, entah ini dari mana, terutama birokrat, birokrasi,” kata Prabowo, Rabu (14/10).

Diakui Prabowo, ada sejumlah kondisi yang harusnya bisa dilakukan secara sederhana, tapi justru diperumit. Baginya, pola pikir seperti itu adalah cara yang salah dari proses birokrasi di Indonesia.

Baca Juga :  Puluhan Ribu Masyarakat Kalbar Tumpah di Alun-Alun Kapuas, Rayakan HUT Partai Gerindra bersama Prabowo Subianto

“Kalau di Indonesia ini, kalau bisa dibikin susah kenapa dibikin gampang. Ya kan. Kalau bisa dibikin rumit, kenapa dibikin sederhana,” imbuhnya.

  • Baca Juga: Besok Berangkat ke Amerika, Prabowo Akui Sudah Dapat Izin Jokowi

Sehingga, ungkap Prabowo, budaya seperti ini yang kerap membuat dirinya kesulitan menjalankan tugas. Terlebih praktik ‘asal bapak senang’ pun masih kerap ditemukan.

“Di depan siap, pak. Siap, pak. Di belakang cari alasan pandai-pandai. Itu banyak ya. Banyak pejabat di Indonesia ini pandai mencari 200 alasan untuk mengatakan tidak bisa, Pak. Menurut aturan ini, itu. Jadi kita selalu cari regulasi untuk membelenggu diri sendiri,” tegas Prabowo.

Baca Juga :  Makin Tinggi, Pengangguran di Indonesia Tembus di Angka 9,7 Juta Orang

Meski begitu, mantan Danjen Kopassus itu menekankan akan tetap bekerja semaksimal mungkin untuk bangsa. “Setiap tantangan harus dihadapi, tapi ya benar-benar ya, kita juga, ya, kecewa ada pejabat yang kadang tidak berpikir bagi bangsa tapi bagi sektornya saja,” pungkas Prabowo.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment