Selain Lebih Cerdas, Ini Kelebihan Orang Humoris!

Orang humoris selalu bisa menghidupkan dan mencairkan suasana. Umumnya, orang dengan kepribadian ini mudah diterima di lingkungan pergaulan mana pun. Banyak bukti penelitian menunjukkan bahwa orang yang lucu cenderung lebih cerdas. Apa lagi sih kelebihan orang humoris?

Baca juga:Punya Tujuan Hidup Bikin Kamu Lebih Sehat dan Bahagia

Kelebihan Orang Humoris

Berikut ini adalah beberapa kelebihan orang humoris, yang sudah dibuktikan melalui riset dan penelitian:

1. Lebih Atraktif Bagi Lawan Jenis

Orang yang lucu tidak hanya pintar, mereka juga umumnya senang bergaul. Bukti menunjukkan bahwa selera humor yang baik berkaitan dengan kecerdasan emosional yang lebih tinggi.

Apa sih daya tarik orang yang kecerdasan emosinya baik? Ini adalah salah satu kriteria yang sangat diinginkan pasangan. Psikolog evolusioner menggambarkan humor sebagai kebugaran mental dan ketangkasan intelektual yang dilihat calon pasangan yang tertarik sama Kamu.

Dalam penelitian tentang daya tarik, baik pria maupun wanita menilai orang yang lucu lebih menarik, dan mereka menyebutkan “memiliki selera humor yang baik” sebagai salah satu kriteria terpenting dalam mencari pasangan jangka panjang.

Gaya humor positif digunakan untuk merujuk pada orang-orang yang menggunakan humor untuk meningkatkan hubungan dan mengurangi konflik. Jenis humor ini dikaitkan dengan kepuasan hubungan, ekstroversi, dan harga diri yang tinggi.

Baca Juga :  Minum Antibiotik Terus Menerus Berisiko Kena Diabetes?

Baca juga: Ingin Terlihat Menarik? Inilah 4 Cara Tingkatkan Daya Tarik Seksual

2. Jauh dari Penyakit

Tertawa adalah obat terbaik untuk beberapa masalah kesehatan. Tertawa membuat seluruh tubuh rileks. Tawa yang baik dan hangat meredakan ketegangan fisik dan stres, membuat otot Kamu rileks hingga 45 menit setelahnya.

Tertawa juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tertawa dapat menurunkan hormon stres dan meningkatkan sel kekebalan dan antibodi untuk melawan infeksi, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh Kamu terhadap penyakit.

Tertawa memicu pelepasan endorfin, bahan kimia alami tubuh yang membuat perasaan nyaman. Endorfin meningkatkan rasa bahagia bahkan dapat menghilangkan rasa sakit untuk sementara.

Tertawa juga sehat untuk jantung karena bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah dan memperlancar aliran darah. Aliran darah yang lancar melindungi Kamu dari serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

Dan ini nih yang mungkin membuat Kamu antusias. Tertawa ternyata bisa membakar kalori meskipun bukan pengganti olahraga. Tertawa selama 10 hingga 15 menit sehari dapat membakar sekitar 40 kalori, jumlah yang cukup untuk menurunkan berat badan 1 hingga 2 kilogram dalam setahun.

Dengan semua manfaat tadi, tertawa dapat membantu Kamu hidup lebih lama. Sebuah penelitian di Norwegia menemukan bahwa orang-orang dengan selera humor yang kuat hidup lebih lama dari mereka yang tidak terlalu banyak tertawa. Perbedaannya sangat mencolok pada pasien yang tengah berjuang melawan kanker.

Baca Juga :  Bolehkah Bayi Makan Salmon?

Baca juga: Inilah 10 Negara yang Paling Bahagia dan Paling Tidak Bahagia di Dunia!

3. Lebih Sukses

Bukti menunjukkan bahwa humor bisa meningkatkan persepsi kepercayaan diri, kompetensi, dan status, sehingga tidak salah jika orang yang lucu menjadi sangat berpengaruh.

Humor membuat orang mau mendengarkan, membantu mengkomunikasikan pesan, dan membantu mempermudah pembelajaran. Ini adalah alat yang ampuh yang digunakan oleh banyak pemimpin sukses.

Studi tentang organisasi positif menunjukkan bahwa semakin menyenangkan kita di tempat kerja, semakin produktif kita, dan semakin kecil kemungkinan kita mengalami kelelahan.

Penelitian tentang penggunaan humor dalam pendidikan juga menemukan bahwa humor adalah alat bantu yang efektif untuk belajar. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pelajaran yang disampaikan dengan humor lebih menyenangkan bagi siswa. Dengan begitu bisa meningkatkan pemahaman dan daya ingat siswa terhadap topik tersebut.

Baca juga: Begini Cara Agar Murah Senyum dan Jadi Orang Bahagia!

Referensi:

Lifehack.org. Science says humoous people are more intelligent

Today.mims.com. Laugh out loud humour is a sign of intelligence.

Helpguide.org. Laughter is the best medicine.

Businessinsider.com. A sense of humour could mean your healthier happier and smarter.

Comment