by

Samai Federer Raih 20 Grand Slam, Rafa Nadal: Aku Tak Pikirkan Jumlah

KalbarOnline.com – Rafael Nadal datang ke grand slam Prancis Terbuka tahun ini dengan banyak keraguan. September lalu di Roma Masters, petenis berjuluk raja tanah liat itu baru come back ke lapangan setelah absen tujuh bulan.

Di turnamen pemanasan itu, dia gagal juara. Itu membuat dia datang ke Prancis Terbuka tahun ini tanpa menjuarai satu pun ajang pada tahun yang sama.

Karena itu, saat konferensi pers sebelum turnamen Prancis Terbuka, Nadal berkomentar pesimistis terkait dengan peluang juara. Itu adalah gaya jawaban yang sungguh tak biasa dilontarkan seorang Nadal.

Namun, apakah itu semua membuat permainannya buruk di lapangan? Tidak sama sekali. Kemarin Nadal resmi menahbiskan diri menjadi kampiun Prancis Terbuka 2020.

  • Baca Juga: Dibantai Rafael Nadal di Final, Novak Djokovic: Dia Fenomenal

Dahsyatnya, di partai final dia menyingkirkan ranking pertama dunia Novak Djokovic dengan cara yang tak terduga. Yakni, menang mudah tiga set langsung 6-0, 6-2, 7-5. Itu sekaligus menjadi gelar ke-13 Nadal di Prancis Terbuka sepanjang karir.

”Roland Garros adalah segalanya untukku. Hampir sebagian besar momen-momen terpenting dalam karirku terjadi di tempat ini,” ucap Nadal dalam seremoni penyerahan piala dilansir NBC Sports.

Dia kini total telah mengumpulkan 20 trofi grand slam. Petenis 34 tahun itu sukses menyamai raihan Roger Federer sebagai pengumpul gelar grand slam tunggal putra terbanyak sepanjang masa.

Namun, petenis kidal tersebut enggan membesar-besarkan rekor yang dia samai. ”Aku masih ingin tampil di lebih banyak grand slam sebelum pensiun. Aku benar-benar tidak memikirkan jumlah itu,” ucap Nadal.

Usia bukan kendala untuk Nadal berprestasi di turnamen tertinggi. Dari 20 gelar mayor yang dia kumpulkan, enam di antaranya dia raih saat sudah berusia di atas 30 tahun.

Kemenangan atas Djokovic tersebut juga membuat Nadal menorehkan rekor menang-kalah 100-2 di Prancis Terbuka. Sepanjang karir, total dia tampil 16 kali di ajang ini. ”Dia benar-benar mengungguliku di pertandingan ini,” aku Djokovic.

Comment

Terbaru