Merasa Gagal, Pemimpin Korut Kim Jong-un Menangis dan Meminta Maaf ke Rakyatnya

KalbarOnline.com – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tampak meneteskan air mata saat dia berterima kasih kepada warga atas pengorbanan mereka selama ini. Kim merasa gagal atau setidaknya merasa belum mampu membawa negaranya keluar dari krisis yang makin dalam sejauh ini.

Meskipun pemimpin muda itu telah mengkonsolidasikan kekuasaannya atas negara yang terisolasi dengan gaya kepemimpinan yang kejam, para pengamat Korea Utara mengatakan dia juga berusaha untuk menggambarkan dirinya sebagai pemimpin politik yang lebih tradisional daripada ayahnya yang eksentrik, Kim Jong Il.

Berbicara di parade militer pada Sabtu, (10/10/2020), Kim nampak sangat emosional saat memberikan penghormatan kepada pasukan atas tanggapan mereka terhadap bencana nasional dan mencegah wabah virus korona. Ia meminta maaf kepada warga karena gagal meningkatkan standar hidup.

“Kerendahan hati dan keterusterangan Kim, serta air matanya dan tersedak, semuanya sangat tidak biasa, bahkan bagi seseorang yang secara terbuka mengakui kekurangan dan memiliki pola ekspresif yang mapan,” kata Rachel Minyoung Lee, seorang peneliti independen dan mantan analis open source Korea Utara untuk pemerintah AS.

Baca Juga :  Mendagri: Pemda Harus Tumbuhkan Spirit Berinovasi

“Pidato tersebut, yang jelas dirancang dengan hati-hati untuk beresonansi dengan penonton domestik, kemungkinan memperkuat citra Kim sebagai pemimpin yang kompeten dan karismatik yang juga memiliki sisi kemanusiaan padanya,” katanya.

Meminta Maaf 

Kim Jong-un yang tersenyum lebar ketika rudal balistik baru yang besar ditampilkan dalam parade – menyalahkan kesulitan ekonomi Korea Utara yang terus berlanjut akibat sanksi internasional, krisis virus korona, dan serangkaian topan dan banjir yang merusak.

Sejak menggantikan ayahnya pada 2011, Kim menjadikan kemajuan ekonomi sebagai landasan agendanya. Dia juga bertemu dengan Presiden AS Donald Trump, membentuk hubungan pribadi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang mencakup surat berbunga-bunga.

Tetapi rencana ambisius untuk perdagangan internasional, proyek konstruksi, dan langkah-langkah ekonomi lainnya telah terhenti karena sanksi yang dijatuhkan atas program senjata nuklir dan rudal balistiknya.

Baca Juga :  Ditangkap Polisi, Millen Cyrus Diinapkan di Sel Pria Apa Wanita Ya?

Perekonomian terpukul lebih lanjut ketika Korea Utara menutup perbatasannya untuk hampir semua lalu lintas karena pandemi, dan topan musim panas menyebabkan banjir yang semakin mengancam pasokan makanan.

“Orang-orang kami telah menaruh kepercayaan, setinggi langit dan sedalam laut, pada saya, tapi saya telah gagal untuk selalu memenuhi itu dengan memuaskannya,” kata Kim, pada satu titik tampak seperti tercekik. “Saya sangat menyesal untuk itu,” katanya.

Kim mengatakan keberhasilan negara dalam mencegah wabah virus korona dan mengatasi tantangan lainnya merupakan “kemenangan besar” yang diraih oleh warganya.

“Orang-orang kami selalu berterima kasih kepada Partai kami, tetapi seharusnya diri mereka sendirilah yang pasti pantas mendapatkan ucapan terima kasih,” katanya. [ind]


Sumber: Naskah dan video Reuters

Comment