Kebiasaan Sehat untuk Meredakan Stres

Semua orang pasti pernah mengalami stres. Dalam hidup, stres pasti datang dan pergi, dan stres juga tidak selalu berarti hal yang buruk. Stres bisa menjadi motivator kita untuk kerja keras. Stres bisa menjadi hal yang positif, khususnya jika tidak pada kadar yang terlalu tinggi.

Karena kita tidak bisa terhindar dari stres, maka penting bagi kita untuk tahu cara efektif meredakan stres. Yuk, cari tahu kebiasaan sehat untuk meredakan stres!

Baca juga: Memiliki Hewan Peliharaan Bantu Redakan Stres Saat Pandemi

Pentingnya Gaya Hidup Sehat dan Seimbang dalam Mengontrol Stres

Salah satu bagian dari upaya meredakan stres adalah dengan menemukan cara untuk menenangkan diri dengan cepat, sehingga Kamu bisa lebih efektif dalam mengontrol stres, sambil menghindari efek negatif dari stres kronik.

Cara penting lain untuk meredakan stres adalah dengan melakukan kebiasaan sehat. Menjalani gaya hidup atau kebiasaan sehat seringkali membawa manfaat lain juga, seperti meningkatkan endorfin, melepas rasa frustrasi, dan memperpanjang usia harapan hidup.

Banyak gaya hidup dan kebiasaan sehat untuk meredakan stres yang bisa Kamu lakukan. Dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan ini, dalam jangka panjang stres akan lebih mudah dikontrol.

Baca Juga :  Benarkah Mandi Setiap Hari Lebih Sehat? Ini Kata Ahli!

Meskipun menjaga gaya hidup sehat mungkin lebih sulit ketimbang mencoba metode meredakan stres lainnya, manfaat yang Kamu dapatkan dari gaya hidup jauh lebih besar. Kamu tidak hanya bisa meredakan stres, namun juga meningkatkan kesehatan.

Banyak orang yang merasa terintimidasi atau frustrasi ketika mencoba mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Alasan-alasannya pun beragam, di antaranya:

  • Tidak tahu mulai dari mana: ada banyak perubahan atau kebiasaan yang bisa meningkatkan kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Karena sangat banyak, banyak orang yang bingung dan sulit untuk tahu bagaimana harus memulainya.
  • Melakukan terlalu banyak hal dalam satu waktu: orang seringkali mencoba membuat terlalu banyak perubahan yang bisa meningkatkan kesehatan fisik maupun mental. Hal ini malah bisa membuat Kamu kelelahan.
  • Stres: perubahan itu sulit, khususnya ketika Kamu sedang stres. Terkadang stres akibat gaya hidup membuat Kamu ragu untuk melakukan perubahan.

Menjalani gaya hidup dan melakukan kebiasaan sehat bisa membantu meredakan stres. Penjelasan di bawah ini bisa Kamu jadikan panduan untuk memilih gaya hidup dan kebiasaan sehat untuk meredakan stres.

Baca juga: Makan Terus Saat Stres? Ini Tips Menghindari Emotional Eating

Kebiasaan Sehat untuk Meredakan Stres

Berikut beberapa perubahan gaya hidup dan kebiasaan sehat untuk meredakan stres:

Baca Juga :  Rumah Sakit Buka Layanan Staysolation untuk Isolasi Mandiri

Makan sehat: salah satu perubahan gaya hidup atau kebiasaan sehat yang dilakukan banyak orang adalah dengan mengubah cara dan pola makan. Makanan tidak sehat bisa membuat kita terkena berbagai penyakit, termasuk obesitas. Efek nutrisi pada kadar stres juga cukup tinggi. Oleh sebab itu, cobalah makan lebih sehat sebagai langkah awal untuk meredakan stres.

Olahraga rutin: olahraga rutin juga merupakan kebiasaan sehat lain yang bisa dilakukan untuk mengontrol kadar stres, sekaligus menjaga kesehatan tubuh. Cobalah mulai olahraga dari intensitas rendah. Lama kelamaan, tingkatkan intensitas dan waktu olahraganya.

Tidur rutin: masih banyak orang yang meremehkan pentingnya tidur cukup. Ada banyak konsekuensi negatif dari kurang tidur, termasuk meningkatkan risiko stres. Jadi, cobalah untuk menetapkan jadwal tidur yang rutin. Kalau Kamu sulit tidur, coba lakukan berbagai teknik untuk mengatasinya. Beberapa teknik tidur juga sekaligus bisa meredakan stres. (UH)

Baca juga: Ingin Bebas Stres dan Mental Sehat? Olahraga Saja!

Sumber:

Very Well Mind. Healthy Lifestyle Habits for Stress Relief. April 2020.
HealthLink. Healthy Lifestyle Actions to Reduce and Manage Stress. 2016.

Comment