Categories: Nasional

ICU untuk Pasien Korona di Jakarta Sudah Memadai, 3M Harus Tetap Jalan

KalbarOnline.com – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo meminta masyarakat untuk lebih sadar disiplin protokol kesehatan. Ini supaya angka penularan tidak terus bertambah.

“Kita harapkan dengan kesadaran yang tinggi, masyarakat bisa pulih dalam kondisi awal. Jangan sampai dalam kondisi gejala ringan, kemudian menuju ke sedang dan berat,” kata Doni dalam diskusi daring, Senin (12/10).

Disiplin menerapkan protokol kesehatan itu dengan mematuhi 3M yakni memakai masker, manjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer. Hal ini diharapkan mampu menekan laju kasus positif Covid-19.

Doni juiga memastikan, kini ruang ICU di DKI Jakarta tidak lagi kekurangan. Menurutnya, ketersediaan ICU yang semula posisinya 83 persen atau 82,99 persen, sekarang sudah berada pada posisi 70,50 persen.

Selain itu, dibukanya fasilitas hotel bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif diharapkan mempercepat proses penyembuhan keluarga yang terpapar. “Di Jakarta sudah ada lima hotel yang terpakai, kemudian juga di Sumatera Utara, Aceh, Bali dan Sulawesi Selatan. Malah Sulawesi Selatan terutama Makassar sudah dari awal memanfaatkan hotel untuk fasilitas isolasi mandiri bagi masyarakat yang terpapar Covid,” ucap Doni.

Doni pun mengharapkan, seluruh hotel di Indonesia bisa membantu menangani pasien isolasi mandiri.  “Covid ini ditulari bukan oleh hewan seperti halnya flu babi dan flu burung, tetapi oleh manusia. Manusia yang jaraknya sangat dekat dengan kita yang bisa menulari kita,” pungkasnya.

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Link Berita Soal Laporan Korupsi ke Kejati Kalbar Mendadak Hilang, Muncul Kode 404

KalbarOnline, Pontianak - Belakangan ini publik dihebohkan dengan laporan dugaan korupsi program Bantuan Stimulan Perumahan…

13 hours ago

Pelajar SMKN 01 Sintang Jawab Tantangan Rita, Buat Mobil Listrik Dalam 30 Hari

KalbarOnline, Pontianak - Pelajar SMK Negeri 1 Sintang Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) berhasil merakit sebuah…

13 hours ago

Windy Sebut Gawai Dayak Sangat Potensial Masuk ke Kalender Event Nusantara Kemenparekraf

KalbarOnline, Pontianak - Salah satu event wisata budaya yang digelar setiap tahun di Rumah Radakng,…

15 hours ago

Gawai Dayak di Pontianak Tahun Ini Akan Ada Karnaval Air

KalbarOnline, Pontianak - Pekan Gawai Dayak ke-XXXVIII Tahun 2024 Kalimantan Barat akan digelar pada 20…

15 hours ago

Sarina, Finalis Putri Hijabfluencer Kalbar 2024 Asal Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara - Sarina (18 tahun) lahir di Desa Penjalaan, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten…

23 hours ago

Hadapi Seleksi STQ dan TC, Pengurus LPTQ KKU Audiensi ke Pj Bupati Romi Wijaya

KalbarOnline, Kayong Utara - Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kayong Utara (KKU) melakukan…

23 hours ago