Mums, Yuk Kenalkan Si Kecil dengan Berbagai Manfaat Jamur!

Dibanding jenis sayur dan buah lain, jamur memang tampak kurang menarik bagi anak-anak karena warnanya yang agak kusam. Namun di balik itu, jamur sebenarnya memiliki sejumlah manfaat baik lho bagi kesehatan. Jadi, tidak ada salahnya untuk memasukkan jamur ke dalam menu harian si Kecil!

Baca juga: Tanda-tanda Bayi Siap Memulai MPASI Pertamanya

Manfaat Jamur untuk Anak

Semua jenis jamur, seperti portobello, shitake, kancing, atau tiram, sarat dengan berbagai nutrisi penting, sehingga sangat baik untuk mendukung kesehatan si Kecil. Nah, berikut ini manfaat jamur untuk anak secara lebih rinci.

1. Sumber vitamin D

Kekurangan vitamin D pada anak bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti rakitis, gangguan pertumbuhan, keterlambatan pertumbuhan gigi, kelemahan pada otot jantung, dan rentan terhadap infeksi. Kabar baiknya, jamur merupakan salah satu sumber vitamin D. Jadi, tidak ada salahnya menambahkan jamur ke dalam makanan si Kecil untuk mengurangi risiko kekurangan vitamin D.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

Asupan jamur secara teratur dapat membantu meningkatkan metabolisme anak. Jamur kaya akan vitamin B12, fosfor, dan nutrisi penting lainnya, yang membuatnya bisa tetap bertenaga sepanjang hari.

3. Kaya zat besi

Jamur juga kaya akan zat besi. Zat besi bisa mendorong pembentukan sel darah baru dan dapat memasok oksigen ke seluruh bagian tubuh. Jadi, tingkatkan kadar zat besi anak dengan memberinya jamur.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sebuah studi dari American Society for Nutrition menyimpulkan bahwa jamur dapat merangsang dan mengatur sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat diperlukan oleh setiap anak yang sedang tumbuh, untuk menghindarkannya dari berbagai risiko pernyakit.

Selain itu, jamur juga mendorong pematangan sel dendritik atau sel sistem kekebalan dari sumsum tulang. Ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi anak dari serangan mikroba.

BACA JUGA:  Kapan Bayi Boleh Mengonsumsi Keju Mozarella dan Ketahui Beragam Manfaat untuk Tumbuh Kembangnya

5. Kaya antioksidan

Antioksidan membantu melawan radikal bebas akibat oksidasi di dalam tubuh. Antioksidan juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah penyakit.

6. Kaya kalsium

Selain vitamin D, jamur juga kaya akan kalsium. Kandungan kalsium yang tinggi pada jamur akan membantu si Kecil tumbuh menjadi anak yang kuat. Kalsium juga merangsang penyerapan zat besi yang lebih baik.

7. Meningkatkan kesehatan sistem ekskresi

Selenium dalam jamur dapat membantu menjaga kesehatan sistem ekskresi si Kecil. Dalam 100 gram jamur cremini, terdapat sekitar 47% nilai harian selenium. Jamur juga dapat membantu menurunkan risiko kanker kandung kemih.

Baca juga: ni Panduan Pemberian MPASI yang Perlu Mums Tahu

Resep Olahan Jamur untuk Si Kecil

Jamur adalah asupan yang kaya akan nutrisi. Sayangnya, tidak semua anak bisa menikmatinya karena rasa serta tekstur jamur agak asing. Akan tetapi, jangan langsung berputus asa, Mums. Berikut ini ada resep olahan jamur yang dipadukan dengan makanan kesukaan si Kecil, yaitu pasta. Yuk, dicoba!

Tim Pasta Jamur

Bahan:
– 60 gr pasta makaroni yang telah direbus
– 40 gr jamur kancing yang telah dicincang
– 40 gr daging sapi cincang
– 1 sdm irisan daun bawang
– 1/2 siung bawang putih yang telah dicincang
– 100 ml larutan susu formula lanjutan

Cara membuat:
– Rebus pasta makaroni hingga matang. Angkat dan tiriskan.
– Didihkan larutan susu. Masukkan daging sapi, jamur, daun bawang, bawang putih, dan makaroni. Masak sambil diaduk-aduk hingga semua bahan matang, kemudian angkat.
– Tuang ke dalam mangkuk makan dan hidangkan segera.

Nah, Mums itulah sejumlah manfaat jamur untuk anak. Di balik warnanya yang tidak menarik, jamur ternyata menawarkan banyak nutrisi yang dibutuhkan si Kecil untuk tumbuh dan berkembang. Namun, jangan lupa untuk merebus jamur terlebih dahulu sampai benar-benar matang sebelum menyajikannya ya, Mums! (AS)

BACA JUGA:  Bisakah Bayi Mengenali Ekspresi Wajah Seseorang?
Baca juga: Tips Menyiapkan MPASI Tanpa Ribet

Referensi

Mom Junction. “7 Health Benefits Of Mushrooms For Kids“.

Resep Teman Bumil. “Tim Pasta Jamur”.

Comment