Sempat Alami Batuk Kering, Bupati Dompu Terkonfirmasi Positif Covid-19

KalbarOnline.com – Bupati Dompu, Nusa Tenggara Barat Bambang M. Yasin dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Yasin selanjutnya dirawat di RSU NTB, Kota Mataram.

Sekretaris tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dompu, Jufri mengatakan, Yasin awalnya menjalani tes rapid pada 8 Oktober 2020 dengan hasil nonreaktif Corona. Karena tidak yakin, Yasin menjalani tes swab di RSUD Dompu dan didapatkan dirinya Positif Corona.

“Atas kesadaran sendiri, Bupati melakukan tes cepat. Tadi (Sabtu-red) sekitar 10.24 Wita dilakukan pengambilan sampel, dan hasilnya keluar sekitar jam 12.45 siang dan dinyatakan positif,” ujar Jufri, Sabtu (10/8/2020)..

Jufri mengaku belum bisa memastikan Yasin pernah kontak dengan pasien Covid-19 lainnya. Meski begitu, Bupati sempat mengalami batuk kering selama lima hari dan sempat sembuh hingga pada akhirnya memilih menjalani tes swab.

“Riwayatnya itu diduga kontak dengan pasien positif. Namanya pejabat kan dia ketemu banyak orang. Tapi belum kita pastikan kontak dengan siapa,” kata Jufri.

Agar tidak terjadi penularan, kata Jufri, gugus tugas Covid-19 akan melakukan tracing contact terhadap keluarga bupati seperti istri dan anak-anak dan maupun beberapa staf-nya.

“Upaya ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga tidak meluas dan cepat tertangani,” lanjutnya. [rif]

Comment