Lakukan 3M, Masyarakat Diminta Jadi Ujung Tombak Pencegahan Covid-19

KalbarOnline.com – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan dalam penanganan virus Korona tidak bisa hanya mengandalkan aspek kesehatan. Yaitu dalam hal penyembuhan dan pemulihan dengan bantuan tenaga kesehatan. Namun, juga harus dari kesadaran masyarakat.

Menurutnya, apa yang sedang dikerjakan Satgas Penanganan Covid-19 bukan hanya operasi kesehatan. Akan tetapi lebih cenderung kepada operasi kemanusiaan dengan menempatkan masyarakat sebagai garda terdepan. Yang mengacu pada upaya pencegahan penularan.

“Yang kita kerjakan saat ini bukanlah semata-mata operasi medis, atau operasi kesehatan. Tetapi lebih cenderung kepada operasi kemanusiaan. Apa maksudnya? Maksudnya adalah menempatkan masyarakat sebagai garda terdepan, sebagai ujung tombak dalam pencegahan,” ujar Doni beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Lacak Lewat Genetik Virus, 13 Kasus Covid-19 Muncul di Hotel Bintang 5

Menurut Doni yang juga menjabat sebagai Kepala BNPB, apabila upaya pencegahan tidak dimaksimalkan, maka rumah sakit akan lebih banyak terisi pasien Covid-19. Dengan kata lain, penanganan Covid-19 harus menjadikan dokter, tenaga kesehatan dan tim medis lainnya sebagai benteng terakhir.

“Kalau tidak ada upaya maksimal dalam proses pencegahan, maka rumah sakit akan banyak terisi oleh pasien Covid-19,” jelas Doni

Oleh sebab itu, Doni meminta agar masyarakat dapat lebih mematuhi anjuran pemerintah, WHO, pakar epidemiologi dan pakar kesehatan terkait penerapan protokol kesehatan misalnya menerapkan 3M, yakni wajib mencuci tangan, wajib memakai masker dan dan wajib menjaga jarak..

“Apa yang kita lakukan sekarang, apa yang diminta oleh pemerintah, oleh WHO, dan juga pakar pakar-pakar epidemiologis, pakar kesehatan masyarakat, kita harus patuh kepada protokol kesehatan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Satgas Covid-19: Jangan Lupa Cuci Tangan Pakai Sabun Sebelum Wudhu

Adapun menurut Doni bahwa penerapan disiplin protokol kesehatan pun tidak sebanding dengan pengorbanan para dokter, perawat dan pejuang kemanusiaan lainnya, yang telah menghabiskan waktunya bersama untuk menangani pasien Covid-19.

Masyarakat dalam hal ini harus dapat memahami betapa pentingnya menjaga diri dan tetap patuh dengan protokol kesehatan.

“Nah, yang diminta itu tidak sebanding, dengan pengorbanan para dokter, para pejuang kemanusiaan, termasuk juga para perawat yang menghabiskan waktunya bersama pasien Covid. Yang sudah pasti mereka memiliki risiko yang sangat besar,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment