Jaguar Rilis Mobil dengan Peredam bising

KalbarOnline.com – Jaguar Land Rover (JLR) pada Jumat (9/10) memperkenalkan teknologi peredam bising (noise cancellation) yang dapat meminimalisir suara berisik dari luar mobil untuk menciptakan suasana tenang bagi pengemudi dan penumpang.

JLR meyakini bahwa ketenangan di dalam ruang kabin dapat mengurangi risiko kelelahan, terutama bagi pengemudi yang melakukan perjalanan jauh.

Fitur itu akan dipasangkan pada Jaguar F-Pace, Jaguar XF dan Range Rover Velar bermesin hybrid untuk menambah kenyamanan dan memberikan kesan “premium” pada mobil-mobil itu.

Baca Juga :  Kenali Resiko Bila Pasang Alat untuk Irit BBM

Bagian utama yang menjadi fokus JLR adalah mengurangi suara bising dari gesekan ban dengan aspal yang kerap masuk ke ruang kabin. Dilansir laman resmi perusahaan, teknologi noise cancellation yang diusung JLR dapat menurunkan kebisingan hingga 10dB.

“Kami berkomitmen untuk menciptakan tempat yang nyaman bagi pelanggan kami, dan teknologi baru ini memungkinkan kami menghilangkan kebisingan yang tidak diinginkan,” kata Iain Suffield, Advanced Technologies Specialist dari Jaguar Land Rover, seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga :  Jangan Telat Mengganti Pelumas Motor Matic Bila Sering Dipakai

Fitur bernama Active Road Noise Cancellation itu bekerja melalui sensor yang dipasangkan pada setiap roda. Sensor itu membaca getaran roda secara real time, kemudian mencatat gelombang suara yang dihasilkan dari getaran itu.

Gelombang suara itu kemudian diserap perangkat Meridian Sound System, yang dapat meredam bahkan mengisolasi suara bising yang timbul ketika roda mobil menghantam lubang atau melintasi aspal yang kasar. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment