Syarief Hasan: Indonesia Hilang dari Dunia Jika Tak Ada Pancasila

KalbarOnline.com – Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan mengungkapkan bahwa Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara buat rakyat Indonesia keberadaannya sangat istimewa. Keistimewaan Pancasila tersebut salah satunya adalah mampu menyatukan bangsa Indonesia dengan segala keberagamannya.

“Padahal perbedaan yang ada di Indonesia tidak sedikit. Logikanya, perbedaan yang banyak akan berpotensi besar bermasalah. Tapi, ternyata tidak berlaku di Indonesia,” katanya.

Syarief Hasan mengatakan, banyak negara-negara yang tingkat perbedaannya tidak sekaya Indonesia sudah tercerai berai dan hancur.

Baca Juga :  Tito Klaim Tingkat Kepatuhan Prokes pada Pilkada Relatif Tinggi

“Contohnya, Korea Selatan, Korea Utara, Uni Soviet, Suriah. Kenapa seperti itu, karena mereka tidak mengenal dan tidak memiliki falsafah Pancasila,” ujarnya.

Melihat fakta-fakta tersebut, Syarief Hasan menegaskan bahwa Pancasila adalah kekuatan besar bangsa Indonesia, anugerah dari Sang Maha Pencipta.

“Coba bayangkan Indonesia tanpa Pancasila. Kehancurannya mungkin lebih besar dan Indonesia sudah lama hilang dari peta dunia,” tambahnya.

Baca Juga :  Menristek Lirik Kerja Sama Pengembangan Vaksin Covid-19 dengan EU

Untuk itu, Syarief Hasan mengajak semua anak bangsa memiliki rasa bangga yang besar terhadap Pancasila, juga rasa syukur tak terhingga kepada Tuhan Semesta Alam telah sudi mengirimkan Pancasila hanya untuk rakyat Indonesia. “Mulai sekarang jagalah selalu Pancasila sampai kapanpun demi kedamaian dan kesejahteraan Indonesia,” ucapnya.

Comment