by

Satu dari 80 Tambahan Kasus Konfirmasi Baru di Kalbar Merupakan Penular Super

Satu dari 80 Tambahan Kasus Konfirmasi Baru di Kalbar Merupakan Penular Super

KalbarOnline, Pontianak – Satu dari 80 tambahan kasus konfirmasi Covid-19 baru di Kalimantan Barat menunjukkan jumlah virus atau viral load yang tinggi. Dengan jumlah virus yang tinggi tersebut, satu kasus ini dinyatakan sebagai super spreader atau penular super. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson saat mengumumkan tambahan kasus konfirmasi baru di Kalbar, Sabtu (10/10/2020).

“Ada satu kasus di Kubu Raya itu jumlah virusnya itu sebanyak 261 juta copies. Dia menjadi super spreader, dia dapat dengan mudah menularkan virus ini kepada orang lain yang berada di sekitarnya, ini dari Kubu Raya ini kemarin melaksanakan swab terhadap beberapa orang di perkantoran,” tukasnya.

Untuk itu Harisson kembali mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19.

“80 ini terbanyak, sepanjang kasus kita tidak pernah 80 satu hari, baru hari ini kita 80 kasus. Saya ingin mengingatkan masyarakat bahwa setiap hari berdasarkan pemeriksaan laboratorium itu banyak sekali kasus-kasus yang menunjukkan kasus konfirmasi Covid-19. Jadi banyak sekali sebenarnya yang sudah tertular, masyarakat saya harapkan berhati-hati, karena penduduk dengan usia rentan, atau penduduk dengan penyakit penyerta ini sangat beresiko kalau tertular covid-19 dan bisa berakibat fatal atau menyebabkan kematian,” ingatnya.

Diberitakan sebelumnya, Kasus konfirmasi Covid-19 di Kalbar kembali bertambah. Di mana per tanggal 10 Oktober 2020, Kalbar mendapat 80 tambahan kasus konfirmasi baru. Jumlah ini merupakan tambahan kasus terbanyak di Kalbar sejak diumumkannya kasus Covid-19 di Kalbar. Tambahan sebanyak itu merupakan hasil pemeriksaan Laboratorium rumah sakit Universitas Tanjungpura, laboratorium Sintang dan Singkawang pada 9 Oktober 2020 kemarin. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson kepada wartawan di Pontianak, Sabtu (10/10/2020).

“Hari ini berdasarkan pemeriksaan laboratorium di Universitas Tanjungpura, di laboratorium Sintang, Singkawang, Kalbar ada tambahan sebanyak 80 kasus konfirmasi Covid-19 baru,” ujarnya.

80 kasus ini, jelas Harisson, tersebar di beberapa kabupaten/kota se-Kalbar. 36 antaranya di Pontianak, 17 di Kubu Raya, 10 di Kayong Utara, sembilan di Sintang, empat di Singkawang, masing-masing dua di Mempawah dan Bengkayang. Dari jumlahlah sebanyak ini 12 di antaranya sedang dirawat di beberapa rumah sakit di Kalbar.

“Jadi keseluruhan kasus konfirmasi berdasarkan pemeriksaan laboratorium 9 Oktober 2020 ada 80 orang,” tukasnya.

Selain itu Harisson juga mengumumkan sembilan kasus sembuh yang masing-masing di Pontianak sebanyak lima kasus, tiga kasus di Singkawang dan satu kasus di Kubu Raya.

Dengan demikian total kasus konfirmasi Covid-19 di Kalbar per tanggal 10 Oktober 2020 mencapai 1.216 kasus, di mana 917 di antaranya dinyatakan sembuh atau sekitar 75,41 persen dan sembilan kasus meninggal. (Fai)

Comment

Terbaru