Mercedes Kirim Enam Kru Pengganti Setelah Satu Personel Positif Covid

KalbarOnline.com – Tim juara bertahan Mercedes menghadapi situasi pelik menjelang GP Eifel yang berlangsung di Nuerburgring, Jerman, akhir pekan ini. Kemarin (9/10) seorang personel mereka dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani tes ulang.

Dengan begitu, total dua kru Mercedes harus menjalani isolasi. Demi mencegah situasi lebih buruk, Mercedes juga mengeluarkan empat personel mereka dari gelembung di Nuerburgring. Meski, tes kru terkait menunjukkan hasil negatif.

Mercedes bergerak cepat. Sebagai gantinya, mereka menerbangkan enam kru pengganti untuk mengisi peran yang kosong di paddock. Tim yang menaungi juara bertahan Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas itu mencoba meminimalkan dampak dari masalah Covid-19.

’’Kami meminta pengertiannya, karena tidak bisa memberikan penjelasan lebih detail terkait identitas anggota tim yang terinfeksi,” tulis pernyataan resmi Mercedes dilansir situs resmi F1.

Sebelumnya, Hamilton mengatakan, timnya berupaya memastikan tak ada gangguan terkait perubahan kru di Nuerburgring. ’’Tentu saja, itu menyedihkan mendengar kabar tersebut,” papar Hamilton dilansir Motorsport.

Pembalap asal Inggris itu meyakini timnya bisa melalui balapan besok dengan baik, sekaligus mencoba kembali mendominasi podium. ’’Kami akan mencoba dan membuat mereka (kru) bangga di akhir pekan ini,” lanjutnya.

Tantangan lain datang saat latihan bebas (FP) pertama kemarin di Nuerburgring. Kali ini terkait cuaca ekstrem sehingga harus membatalkan FP1. Hujan deras mengguyur kawasan sirkuit saat FP1 berlangsung beberapa menit. Setelah latihan bebas ditunda, hujan tak kunjung mereda dan kabut mulai menyelimuti Nuerburgring.

Situasi tersebut membuat F1 memutuskan untuk membatalkan sesi pertama. Race Director F1 Michael Masi mengungkapkan, keselamatan para pembalap menjadi fokus utama timnya. ’’Itu menjadi tantangan. Dengan kabut yang masuk, membuat helikopter medis tidak bisa lepas landas dan terbang ke rumah sakit,” kata Masi. Di sisi lain, jalan darat terlalu jauh untuk ditempuh. Itu untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu di sirkuit.

BACA JUGA:  Gelandewagen, Wujud Mercy G-Class Saat Jadi Mobil Balap

Pembatalan latihan bebas pertama turut membuat dua pembalap F2 Mick Schumacher dan Callut Ilott gagal menjalani debut di pentas F1. Keduanya merupakan pembalap Akademi Ferrari (FDA) yang batal mengaspal. Semula, Mick dijadwalkan menjalani debut bersama Alfa Romeo. Sedangkan Ilott bersama Haas pada FP1 kemarin.

’’Sangat disayangkan Mick Schumacher tidak bisa menikmati FP1 pertamanya karena cuaca buruk pagi ini (kemarin),” tulis Alfa Romeo di berbagai akun media sosial mereka.

Comment