Tak Harus Suhu Dingin, Vaksin Covid-19 Asal Singapura Mudah Disimpan

KalbarOnline.com – Dalam dunia medis, sudah hal yang umum bahwa vaksin harus disimpan di ruangan dengan suhu khusus yang dingin. Sebab vaksin merupakan produk biologis yang bisa rusak jika tak disimpan di suhu dingin. Namun, para peneliti Singapura membuat terobosan vaksin Covid-19 tak harus disimpan di suhu dingin.

Vaksin Covid-19 potensial Singapura bisa jadi salah satu yang dapat diproduksi, dikirim, dan disimpan dengan mudah. Sebab perusahaan vaksin sedang mengerjakan versi yang tidak memerlukan kondisi sangat dingin untuk vaksin bertahan hidup.

  • Baca juga: Singapura Temukan Antibodi Monoklonal untuk Pengobatan Pasien Covid-19

Dilansir dari The Straits Times, Jumat (9/10), Arcturus Therapeutics, sebuah perusahaan bioteknologi berbasis di AS yang mengembangkan vaksin Covid-19 dengan Duke-NUS Medical School Singapura. Mereka sedang melihat versi vaksin mRNA yang diliofilisasi atau dibekukan yang dapat bekerja dengan baik pada suhu kamar, tidak seperti vaksin serupa lainnya.

“Kami bermaksud untuk menyelidiki produk vaksin terliofilisasi dalam uji klinis kami yang lebih besar. Dengan memiliki produk vaksin terliofilisasi dan mengeluarkan air (dalam produk), itu berarti bahwa umur simpan dapat ditingkatkan secara signifikan dan penanganannya jauh lebih mudah (karena) tidak memerlukan freezer minus 60 hingga 80 celcius atau penanganan es kering,” kata Kepala Eksekutif Joseph Payne seperti dilansir dari The Straits Times, Jumat (9/10).

Baca Juga :  Gedung Putih Sebut Donald Trump Hadapi Masa Kritis 48 Jam

Dalam wawancara Zoom baru-baru ini, Payne mengatakan bahwa mereka sedang mengevaluasi stabilitas vaksin pada berbagai suhu, termasuk pada suhu minus 20 derajat C, 4 hingga 8 derajat C, dan suhu kamar. Memiliki produk lyophilised yang sukses, yang merupakan versi bubuk perlu dibuat kembali. Sehingga menghilangkan kebutuhan akan freezer ultra-dingin khusus, yang mahal dan tidak umum.

Tantangan pendingin dalam menyebarkan vaksin Covid-19 tertentu telah menjadi isu dalam distribusi ke seluruh dunia. Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan minggu ini ada harapan bahwa akan ada vaksin Covid-19 pada akhir tahun ini.

Ada 42 kandidat vaksin Covid-19 saat ini dalam uji klinis, 10 di antaranya dalam uji coba fase tiga skala besar. Sebanyak 151 kandidat vaksin lainnya sedang dalam tahap pra-klinis.

Arcturus menemukan percobaan yang sesuai dengan virus menyebar dengan cepat. Kandidat vaksin Arcturus adalah vaksin mRNA yang menggandakan diri. Dikenal sebagai Lunar-Cov19, vaksin ini masih dalam uji coba fase satu atau dua, yang sedang dilakukan di Singapura.

Baca Juga :  Soal Hubungan dengan AS, Menlu Tiongkok Yakin Bakal Kembali Normal

“Uji coba yang lebih besar dapat dimulai setelah mengunci tingkat dosis dan regimen dosis,” kata Payne.

Dia menambahkan bahwa hasil uji coba tahap satu atau dua akan keluar tahun ini. Dia mengatakan uji coba fase dua dan tiga yang lebih besar kemungkinan akan melibatkan banyak negara di daerah yang ada prevalensi Covid-19 yang tinggi.

“Jika kami melakukan studi di daerah padat penduduk yang ada banyak (kasus) Covid-19, maka kami dapat membuktikan bahwa vaksin bekerja jauh lebih cepat,” kata Payne.

“Kami ingin memastikan bahwa sebagian dari studi kami dilakukan di area yang memiliki badan pengatur yang dihormati secara internasional,” jelasnya.

Pada Konferensi Eropa baru-baru ini, para ahli kembali menegaskan bahwa vaksin bukanlah segalanya dan akhir segalanya. Profesor David Heymann dari Sekolah Higiene dan Pengobatan Tropis London menekankan perlu berjuang terus menerus.

“Masih belum jelas apakah vaksin Covid-19 akan memberikan perlindungan jangka panjang atau jangka pendek, jenis suntikan penguat apa yang mungkin diperlukan atau apakah vaksin dapat mencegah infeksi ulang,” kata Prof Heymann.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment