Pentingnya Mengenal Lampu Indikator Kerusakan Mobil untuk Antisipasi

KalbarOnline.com – Salah satu cara untuk memudahkan mengetahui kondisi mobil dalam kondisi baik atau perlu servis bahkan lainnya bisa diketahui dari lampu indikator. Pada setiap mobil saat ini sudah dilengkapi lampu indikator yang ada pada deretan spedometer.

Anda sebagai pemilik mobil harus memahami apa saja arti lampu indikator tersebut bila menyala. Dan jangan lupa Anda harus tahu apa yang harus dilakukan.

Ada cukup banyak lampu indikator yang terdapat pada tiap mobil. Dengan cara ini Anda bisa mendeteksi masalah pada mobil sedini mungkin. Terpenting adalah mengetahui 7 lampu indikator berikut, agar supaya berkendara lebih aman.

Indikator Check Engine

Lampu indikator Malfunction Indicator Lamp (MIL) atau sering disebut juga lampu check engine ini sangat krusial. Pada kondisi normal saat Anda memasukkan kunci ke dalam lubang, lalu memutar kunci ke posisi ON, maka lampu indikator ini akan menyala.

Setelah Anda men-starter mesin, maka lampu indikator mobil ini akan mati. Bila mesin sudah menyala namun lampu indikator check engine juga masih menyala, itu berarti ada masalah pada mesin mobil Anda dan harus segera dicek.

Baca Juga :  Hyundai Gandeng Boyband BTS Bikin Lagu Promosikan Mobil Listrik Ioniq

Lampu Indikator Seatbelt

Setiap pabrikan mobil selalu menyertakan lampu indikator seatbelt atau sabuk pengaman. Ketika sabuk belum dipasang oleh penumpang, khususnya pengendara, maka lampu akan menyala.

Pada mobil-mobil keluaran terbaru, indikator ini bukan hanya berupa lampu, tapi juga suara yang cukup nyaring. Sepanjang pengemudi belum memasang safety belt, suara pun akan terus berbunyi.

Lampu Indikator Airbag

Bila Anda melihat lampu indikator bertuliskan “SRS” atau gambar orang duduk memangku bulatan, itu berarti mobil Anda sudah dilengkapi dengan airbag. Jika menyala terus, berarti terjadi malfungsi pada sistem airbag mobil Anda.

Segera cek kenapa lampu indikator ini menyala agar airbag mobil Anda bisa berfungsi normal apabila terjadi tabrakan.

Lampu Indikator Temperatur

Seringkali pengemudi tidak memperhatikan indikator suhu atau temperatur mesin pada dashboard mobil. Lalu mesin tiba-tiba saja mengeluarkan asap akibat overheat. Sangatlah penting untuk memperhatikan indikator suhu mesin setiap saat!

Baca Juga :  Anti Korslet, Mobil Listrik Ini Nekat Terjang Banjir Tanpa Kendala

Bila indikator suhu menunjukkan warna kuning/oranye, itu berarti temperatur mesin masih dalam keadaan sedang. Apabila indikatornya menunjukkan warna merah, Anda harus langsung waspada! Matikan mobil dan menepilah.

Lampu Indikator Aki

Jika lampu indikator aki menyala, segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa, karena masalah pada aki mobil bisa mengakibatkan mobil Anda mogok.

Lampu Indikator ABS

Lampu indikator ini hanya bisa ditemukan pada mobil-mobil yang telah dilengkapi sistem ABS. Jika lampunya terus menyala, jangan diabaikan! Hal ini memberikan isyarat bahwa ada masalah pada fitur ABS mobil dan Anda harus segera melakukan pengecekan pada sistemnya.

Lampu Indikator Oli

Kondisi oli mobil Anda bisa diketahui melalui lampu indikator pada kendaraan. Supaya tidak lupa untuk mengganti serta menambahnya, perhatikan indikator tersebut baik-baik. Bila lampunya menunjukkan warna merah, segera lakukan penambahan atau penggantian oli.

Comment