Categories: Ketapang

Pemkab Ketapang Pastikan Tetap Bangun Puskesmas Pemahan di Lalang Panjang

Pemkab Ketapang Pastikan Tetap Bangun Puskesmas Pemahan di Lalang Panjang

KalbarOnline, Ketapang – Meski mendapat penolakan dari sebagian masyarakat, Pemerintah Kabupaten Ketapang tetap akan melanjutkan membangun Puskesmas di Kecamatan Pemahan di Desa Lalang Panjang. Hal itu diungkapkan Pj Sekda Ketapang, Heronimus Tanam. Menurut Tanam, lokasi pukesmas yang akan dibangun tersebut merupakan milik Pemkab Ketapang.

Dirinya juga menegaskan, tidak ada aturan yang mengharuskan letak puskesmas kecamatan harus dibangun di pusat kecamatan.

“Kita sudah bertoleransi, memberikan pemahaman kepada masyarakat, akhirnya pun tidak terjalin suatu kesepakatan, Pemda tetap harus memberikan keputusan. Keputusannya kita lanjut pembangunan Puskesmas di Lalang Panjang,” ujarnya, Jumat (9/10/2020).

Ia menjelaskan, lokasi pembangunan pun tak begitu jauh, hanya sekitar tiga kilometer dari pusat Kecamatan Pemahan. Apalagi saat ini akses jalan juga telah baik.

“Kita sudah rapat berkali-kali dan menampung aspirasi di dewan, dengan pertimbangan kontraktual, anggaran. Sayang kita sudah diberi kepercayaan oleh pemerintah pusat tidak bisa ditempatkan, itu kan bermanfaat untuk umum,” imbuhnya.

Dirinya menjelaskan, meski kini akses menuju lokasi pembangunan puskesmas telah baik, pihaknya nanti akan akan memperhatikan jalan tersebut agar akses masyarakat menuju tempat pelayanan kesehatan tersebut semakin mudah.

“Sekarang jalan sudah baik, tapi perlu ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Ketapang berharap masyarakat harus melihat kepentingan yang lebih besar. Bukan hanya melihat dari sisi situasional.

Untuk diketahui, Pemkab Ketapang tahun ini akan membangun tiga unit Puskesmas rawat inap berstandar Kementerian Kesehatan. Satu unit puskemas rata-rata akan menelan anggaran Rp7 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) afirmasi tahun 2020. Tiga puskesmas tersebut dibangun di Pemahan, Mulia Baru dan Nanga Tayap. (*)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Pj Gubernur Harisson Terima Kunjungan Pengurus PWI Kalbar 

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menerima audiensi dari Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia…

12 mins ago

Kamaruzaman Ajak Lanjutkan Gerakan Merdeka Belajar

KalbarOnline, Pontianak - Pj Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman mengajak semua pihak untuk terus menjaga…

29 mins ago

Capai Indonesia Emas 2024 dengan Transformasi Digital

KalbarOnline, Kubu Raya - Pj Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman menilai bonus demografi yang dimiliki…

30 mins ago

Pemkab Kubu Raya Serahkan Dana Hibah Pengamanan Pilkada kepada Polres dan Kodim

KalbarOnline, Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya memberikan dana hibah kepada Polres Kubu Raya…

33 mins ago

Remaja di Landak Bunuh Diri Karena Tak Diizinkan Pergi Memancing

KalbarOnline, Landak - Seorang remaja (16 tahun) di Kecamatan Kuala Behe, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat…

4 hours ago

Pj Gubernur Kalbar Dorong Pekan Gawai Dayak Bisa Masuk Kalender Event Nasional

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson menyampaikan, bahwa sejak tahun 2016 lalu,…

4 hours ago