Pemkab Ketapang Pastikan Tetap Bangun Puskesmas Pemahan di Lalang Panjang

Pemkab Ketapang Pastikan Tetap Bangun Puskesmas Pemahan di Lalang Panjang

KalbarOnline, Ketapang – Meski mendapat penolakan dari sebagian masyarakat, Pemerintah Kabupaten Ketapang tetap akan melanjutkan membangun Puskesmas di Kecamatan Pemahan di Desa Lalang Panjang. Hal itu diungkapkan Pj Sekda Ketapang, Heronimus Tanam. Menurut Tanam, lokasi pukesmas yang akan dibangun tersebut merupakan milik Pemkab Ketapang.

Dirinya juga menegaskan, tidak ada aturan yang mengharuskan letak puskesmas kecamatan harus dibangun di pusat kecamatan.

“Kita sudah bertoleransi, memberikan pemahaman kepada masyarakat, akhirnya pun tidak terjalin suatu kesepakatan, Pemda tetap harus memberikan keputusan. Keputusannya kita lanjut pembangunan Puskesmas di Lalang Panjang,” ujarnya, Jumat (9/10/2020).

Baca Juga :  144 Mahasiswa IKIP Pontianak Lakukan KKM-PPL di Ketapang

Ia menjelaskan, lokasi pembangunan pun tak begitu jauh, hanya sekitar tiga kilometer dari pusat Kecamatan Pemahan. Apalagi saat ini akses jalan juga telah baik.

“Kita sudah rapat berkali-kali dan menampung aspirasi di dewan, dengan pertimbangan kontraktual, anggaran. Sayang kita sudah diberi kepercayaan oleh pemerintah pusat tidak bisa ditempatkan, itu kan bermanfaat untuk umum,” imbuhnya.

Dirinya menjelaskan, meski kini akses menuju lokasi pembangunan puskesmas telah baik, pihaknya nanti akan akan memperhatikan jalan tersebut agar akses masyarakat menuju tempat pelayanan kesehatan tersebut semakin mudah.

Baca Juga :  Kejuaran Futsal Sekda Cup 2023 Resmi Bergulir

“Sekarang jalan sudah baik, tapi perlu ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Ketapang berharap masyarakat harus melihat kepentingan yang lebih besar. Bukan hanya melihat dari sisi situasional.

Untuk diketahui, Pemkab Ketapang tahun ini akan membangun tiga unit Puskesmas rawat inap berstandar Kementerian Kesehatan. Satu unit puskemas rata-rata akan menelan anggaran Rp7 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) afirmasi tahun 2020. Tiga puskesmas tersebut dibangun di Pemahan, Mulia Baru dan Nanga Tayap. (*)

Comment