Optimistis Podium di Prancis, Rossi: Le Mans Sirkuit yang Aku Sukai

KalbarOnline.com – Valentino Rossi sudah tiga kali gagal finis dalam delapan seri musim ini. Namun, semangat pembalap berjuluk The Doctor itu tak surut. Dia bahkan mengincar podium di Sirkuit Bugatti, Le Mans, Prancis, akhir pekan ini.

Apalagi, dia percaya diri dengan performa M1, tunggangannya yang tampil cepat di Barcelona sebelumnya.

’’Menurutku, kami bisa mencoba sesuatu selama akhir pekan di Prancis,’’ katanya sebagaimana dilansir GP One. ’’Le Mans adalah sirkuit yang sangat aku sukai dan kami biasanya tampil kompetitif,’’ lanjutnya.

Sejak era MotoGP bergulir pada 2002, Rossi kerap bersahabat dengan Le Mans. Tercatat 12 kali dia finis. Tiga kesempatan di antaranya berakhir sebagai kampiun GP Prancis. Namun, kemenangan itu sudah berlangsung lama, yakni pada edisi 2008. Kali terakhir Rossi naik podium pada musim 2018. Saat itu dia berhasil finis di posisi ketiga.

Nah, performa Rossi bersama M1 di lintasan akhir pekan ini akan menjadi penentu. Pembalap berusia 41 tahun itu juga harus mewaspadai cuaca buruk yang berpotensi mengganggu rencana besarnya.

’’Jika cuacanya tidak bagus, setidaknya aku bisa stabil. Jadi, aku bisa menyiapkan diri sebaik-baiknya untuk balapan Minggu,’’ terangnya.

Sementara itu, Rossi bersama sejumlah pembalap uji dan reguler di MotoGP menuntaskan tes resmi di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, kemarin. Mentor pembalap Pramac Ducati Francesco Bagnaia dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) itu membeberkan impresinya setelah berkesempatan menjajal lintasan tambahan musim ini.

’’Berkendara di sini (Sirkuit Algarve) sangat menarik karena lintasannya indah dan secara teknis cukup sulit,’’ urainya seperti dilansir Crash.

Perubahan ketinggian di beberapa titik pada lintasan menjadi tantangan buat para rider MotoGP untuk menyongsong race pemungkas di Portugal nanti.

BACA JUGA:  Quartararo Tampil Dominan dan Rebut Pole, Rossi Jeblok ke Posisi 10

’’Ini jenis sirkuit yang aku sukai karena membutuhkan banyak aliran dan kecepatan saat menikung,’’ lanjutnya.

Rossi dan para kolega langsung bertolak dari Portimao menuju Le Mans untuk mengikuti GP Prancis yang dimulai dengan latihan bebas sore nanti.

Comment