Lagi Pandemi, Pasar Streaming Musik Global Masih Diminati

KalbarOnline.com – Pendapatan streaming musik online global telah menurun 2 persen kuartal ke kuartal, tetapi tumbuh 13 persen dibandingkan tahun lalu pada USD 6,7 ​​miliar atau berkisar Rp 98,8 triliun. Sebelumnya, penurunan streaming musik terjadi setelah lonjakan mendadak yang terjadi awal tahun ini akibat pandemi virus Korona baru atau Covid-19.

Menurut laporan Counterpoint Research, langganan berbayar untuk streaming musik online tumbuh 29 persen tahun ke tahun lebih dari 35 persen di kuartal sebelumnya. Analis Riset Abhilash Kumar menyatakan bahwa pertumbuhan melambat pada kuartal kedua dan, untuk pertama kalinya, pendapatan menurun secara berurutan.

Baca Juga :  Gus Jazil: Negara Harus Hadir Bantu Mereka Bangkit

Ada beberapa alasan yang sama. Selain itu, pendapatan iklan mengalami penurunan karena banyak perusahaan memilih untuk memotong pengeluaran sehubungan dengan pandemi Covid-19. Namun, podcast yang terkait dengan genre yang berbeda mampu membuat orang terpaku, mengimbangi beberapa penurunan yang ada.

Dalam hal pengguna aktif bulanan secara keseluruhan, Tencent Music, bersama dengan anak perusahaannya QQ Music, Kuwo, dan Kugoi, memimpin tangga lagu pada Q2 2020 dengan pangsa 26 persen, diikuti oleh Spotify dan YouTube Music dengan masing-masing 12 hingga 10 persen saham.

Namun, Spotify memimpin jumlah langganan berbayar, dengan pangsa pasar 34 persen diikuti oleh Apple Music pada 21 persen dan Amazon Music pada 15 persen. Bagi mereka yang tidak sadar, sementara berbagai negara, ekonomi, dan industri menghadapi dampak pandemi dan lockdown berikutnya, pasar streaming online tetap tidak terpengaruh.

Baca Juga :  Palestina Sebut Israel Hadang Pengiriman Vaksin Covid-19 ke Gaza

Sebaliknya, industri melihat ledakan selama waktu ini baik pada pelanggan berbayar dan basis pengguna secara keseluruhan karena orang-orang tetap berada di dalam ruangan. Meskipun, lonjakan ini sudah mulai menurun dari kuartal ke kuartal dan diperkirakan akan mencapai level sebelum Covid-19 pada Q4 2020.

Comment