Ketahui Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya

Rasanya hampir setiap orang pernah mengalami sakit gigi setidaknya satu kali dalam hidupnya. Meski tampak sepele, rasa nyeri yang ditimbulkan sakit gigi sangat tidak nyaman dan menghambat aktivitas. Oleh karena itu, sakit gigi harus diatasi segera agar tidak berlarut-larut, dan penyebabnya diatasi sehingga tidak sakit gigi berulang.

Penyebab Sakit Gigi

Ada banyak penyebab sakit gigi, tidak hanya gigi berlubang. Berikut ini beberapa penyebab sakit gigi yang sering ditemui:

  1. Gigi berlubang

Gigi berlubang atasi karies gigi adalah alasan tersering sakit gigi. Kerusakan gigi ini jika tidak segera diobati (ditambal) bisa menyebabkan abses. Abses adalah infeksi di area pulpa atau akar gigi.

Infeksi ini akan menyebabkan nyeri dan pembengkakan sehingga Kamu disarankan segera menemui dokter. Dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi dapat menyebar ke otak, yang akhirnya dapat mengancam jiwa.

  1. Impaksi Gigi

Sakit gigi juga bisa disebabkan oleh gigi yang terimpaksi. Kondisi ini terjadi ketika salah satu gigi, biasanya gigi geraham bungsu, tersangkut di jaringan atau tulang gusi. Akibatnya, gigi tidak bisa keluar atau bertumbuh.

  1. Radang sinus

Sinusitis adalah suatu kondisi di mana sinus mengalami peradangan akibat infeksi virus, bakteri, atau jamur. Keberadaan akar gigi atas yang dekat dengan sinus bisa menyebabkan sakit gigi ketika seseorang mengalami sinusitis. Kondisi ini biasanya akan paling terasa pada gigi bagian atas.

Baca Juga :  Sehabis Dilantik Sutarmidji, Ini Prioritas Utama Kadiskes Kalbar yang Baru

  1. Penyakit kronis

Penyakit jantung juga dapat menyebabkan sakit gigi. Dalam beberapa kasus, sakit gigi mungkin merupakan tanda peringatan serangan jantung.

Penyakit jantung dan paru-paru dapat menyebabkan sakit gigi karena lokasi saraf vagus, yakni saraf yang mengalir dari otak ke berbagai organ di tubuh, termasuk jantung dan paru-paru, melewati rahang.

Baca juga: 7 Penyebab Sakit Gigi, Ternyata Tidak Selalu karena Gigi Berlubang!

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Sakit gigi tentu terasa begitu tidak nyaman ya, Gengs. Oleh karenanya, kondisi ini harus segera diobati. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi sakit gigi.

  1. Berkumur dengan air garam

Air garam adalah disinfektan alami yang berfungsi sebagai anti bakteri dan dapat membantu mengurangi pembengkakan. Berkumur dengan air garam merupakan pengobatan jangka pendek yang baik terlebih bila ada luka di mulut.

Campurkan setengah sendok teh garam ke dalam gelas berisi air hangat, kemudian berkumurlah beberapa kali menggunakan larutan tersebut.

Baca Juga :  Mums, Lakukan Gerakan Ini untuk Mengubah Posisi Janin

  1. Gunakan kompres dingin

Untuk mengurangi sakit gigi, cobalah gunakan kompres dingin. Kompres dingin dapat membantu mengecilkan pembuluh darah sehingga mengurangi rasa nyeri yang timbul. Selain itu, kompres dingin juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Cara menggunakannya, cukup tempelkan handuk dingin atau handuk berisi kantong es ke area mulut luar yang terasa nyeri akibat sakit gigi. Diamkan kira-kira selama 20 menit dan ulangi setiap beberapa jam sekali.

  1. Bawang putih

Khasiat bawang putih telah dikenal sejak lama. Bawang putih memiliki kemampuan membunuh bakteri penyebab plak gigi, dan meredakan nyeri.

Untuk menggunakannya, cukup hancurkan beberapa siung bawang putih segar lalu dicampur dengan sedikit garam, kemudian oleskan ke daerah yang mengalami nyeri.

  1. Cengkeh

Cengkeh telah lama dikenal dapat mengobati sakit gigi. Minyak di dalam cengkeh mengandung eugenol, yakni antiseptik alami yang dapat secara efektif menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

Gunakan minyak cengkeh dengan cara mengoleskannya ke area yang terasa nyeri. Kamu juga dapat mencampurkan minyak cengkeh dengen beberapa tetes minyak seperti minyak zaitun atau air. Lakukan ini beberapa kali dalam sehari.

Baca juga: Cara Tradisional Mengobati Sakit Gigi

Comment