Ini Tandanya Pasanganmu Dapat Dipercaya!

Geng Sehat tentu sudah sering mendengar bahwa hal paling mendasar dan sangat penting dalam suatu hubungan adalah kepercayaan satu sama lain. Tanpa kepercayaan satu sama lain, hubunganmu akan terasa begitu berat untuk dijalani dan pastinya juga tidak akan sehat. Lantas, apa saja sih sebenarnya tanda-tanda pasangan dapat dipercaya? Cek selengkapnya, yuk!

Baca juga: Kenal Pasangan Minimal 3 Tahun, Waktu Tepat untuk Menikah

Mengapa Kepercayaan Sangat Penting Dalam Suatu Hubungan?

Kepercayaan merupakan fondasi yang membuat hubunganmu dapat bertahan dalam segala kondisi, bahkan di saat-saat tersulit. Tanpa kepercayaan satu sama lain, pasangan tidak akan bisa mempertahankan hubungan mereka dalam jangka waktu yang lama. Faktanya, kurangnya kepercayaan adalah salah satu alasan hubungan menjadi berantakan. Secara lebih jelas, berikut alasan mengapa kepercayaan sangat penting dalam suatu hubungan:

1. Kamu tidak bisa mencintai tanpa mempercayai seseorang

Seperti disebutkan sebelumnya, kepercayaan adalah fondasi dari cinta. Sama seperti bagaimana seorang anak mempercayai ibunya dan secara otomatis akan mencintainya, pasanganmu juga perlu tahu bahwa Kamu dapat dipercaya dan tidak akan meninggalkannya di masa-masa sulit. Perasaan ini penting agar cinta dapat terus tertanam dan berkembang dalam hubungan.

2. Kepercayaan dapat membantu mengatasi rintangan

Kepercayaan menjadi faktor yang dapat semakin mengikat Kamu dan pasangan ketika menghadapi perbedaan argumen atau masalah. Jauh dalam lubuk hati, Kamu tentu akan merasa aman dan mampu menyelesaikan masalah ketika saling percaya.

3. Membantu penyembuhan luka emosional

Ketika Kamu merasa terluka secara emosional dalam hubungan, Kamu dapat meredakan dan mengatasinya berkat rasa percaya yang Kamu miliki terhadap pasangan.

4. Membantu mengendalikan emosi

Sejauh mana Kamu mempercayai seseorang menentukan seberapa besar ekspresi emosi yang Kamu tunjukkan kepadanya. Jika Kamu merasa kesal atau terluka akibat perilakunya, hanya kepercayaan lah yang dapat memberi tahukanmu bahwa ada alasan di balik perilakunya tersebut.

5. Membantumu merasa yakin

Kepercayaan dapat memberikan kepastian bahwa pasanganmu benar-benar mencintaimu, terlepas dari segala argumen dan pertengkaran yang mungkin telah kalian alami.

Baca Juga :  Orgasme saat Hamil, Berbahayakah?

6. Kamu tidak membutuhkan pembenaran

Ketika Kamu benar-benar mempercayai pasangan, Kamu tidak perlu lagi menjelaskan atau membenarkan segala hal yang Kamu ucapkan. Kamu tahu bahwa pasanganmu akan memahami dan mempercayai segala tindakan dan keputusanmu.

7. Mengajarkan pentingnya memiliki waktu dan ruang pribadi

Kepercayaan dapat membantu Kamu merasa tetap aman untuk memberikan pasangan waktu dan ruang pribadi.

Baca juga: Apakah Hubungan Anda dan Pasangan Sudah Sehat?

Tanda-tanda Pasangan Dapat Dipercaya

Kepercayaan bukanlah hal instan yang bisa Kamu bangun dalam hubungan. Namun, tanda-tanda berikut bisa membantumu untuk mengenali apakah pasanganmu saat ini benar-benar dapat dipercaya:

1. Percakapan terbuka

Pasanganmu berusaha untuk selalu menjaga percakapan tetap terbuka dan transparan. Dia sangat santai dan merasa nyaman ketika berbicara. Ia bahkan tidak malu dan takut untuk membagikan rahasia atau ketakutannya kepadamu. Situasi seperti ini bisa menunjukkan bahwa Kamu sebenarnya dapat mempercayainya.

2. Mengakui kesalahan

Pasanganmu berani mengakui kesalahannya tanpa hambatan apa pun. Dia jujur dengan apa yang dilakukannya dan tidak mencoba menutupi dengan berbagai penjelasan tidak penting.

3. Berbagi cerita mengenai kondisi finansial pribadinya

Menceritakan tentang kondisi finansial, pengeluaran, dan pendapatan pribadi adalah hal yang sangat sensitif. Oleh karena itu, jika pasanganmu sudah berani mengungkapkan hal ini, tandanya ia sudah benar-benar percaya kepadamu. Jadi, tidak ada salahnya jika Kamu juga mulai mempercayai dirinya.

4. Kamu adalah prioritasnya

Pasanganmu selalu menempatkan kebutuhan dan keinginan dirimu di atas kebutuhan pribadinya. Dia juga berusaha untuk selalu membuatmu merasa nyaman. Dia merasa bangga untuk memperkenalkan dirimu dan juga hubungan kalian pada teman-teman dan koleganya.

5. Mendengarkan secara aktif

Sering kali kita cenderung memotong pembicaraan pasangan atau ingin memberikan nasihat. Namun jika pasangan benar-benar mendengarkan dengan saksama apa pun yang Kamu katakan, itu berarti dia menunjukkan kepeduliannya dan menghargai perasaanmu.

6. Keintiman fisik

Ini bukan hanya tentang hubungan seksual, tetapi hal-hal kecil, seperti ciuman, berpegangan tangan, atau pelukan. Semua hal-hal ini bisa menunjukkan adanya ikatan kuat antara Kamu dan pasangan. Tindakan-tindakan ini juga menunjukkan bahwa pasanganmu memiliki kepercayaan penuh terhadap dirimu.

Baca Juga :  Mums, Ini Tips Gunakan Sex Toys saat Hamil

7. Menjaga kontak mata

Jika pasanganmu selalu menjaga kontak mata saat berbicara denganmu, yakinlah bahwa dia dapat dipercaya. Kebiasaan ini menunjukkan bahwa pasanganmu tidak menyembunyikan apa pun darimu. Sebaliknya, jika dia tidak bisa menatapmu saat berbicara, bisa jadi dia sedang menyembunyikan sesuatu darimu.

8. Memperhatikan kesukaanmu

Hal apa pun tentang dirimu, baik itu hobi, teman, kegiatan, atau pekerjaan tampak begitu menarik bagi pasanganmu. Jika ini yang terjadi, itu berarti pasanganmu benar-benar ingin mengenal Kamu lebih baik.

9. Dia bergaul dengan keluarga dan teman dekatmu

Pasangan yang percaya padamu ingin selalu melibatkan diri dengan kehidupanmu, termasuk keluarga dan teman-temanmu. Dia juga memiliki niat yang baik kepada mereka dan menganggap mereka seperti orang terdekatnya juga.

10. Dia tidak merasa keberatan jika Kamu mengecek ponselnya

Jika Dia langsung merebut ponselnya ketika Kamu ingin meminjamnya, itu bukanlah pertanda yang baik dalam hubungan. Namun jika pasanganmu dengan santai dan terbuka menjawab semua panggilan telepon atau membalas pesan di depanmu, berarti dia sama sekali tidak menutupi sesuatu darimu. Ini juga menunjukkan bahwa dia bisa dipercaya untuk menjalani hubungan yang sehat bersamamu.

11. Selalu konsisten dengan apa yang dibicarakannya

Jika pasanganmu dapat memenuhi segala ucapan yang diutarakannya kepadamu dan juga melakukan yang terbaik untukmu, maka ini membuktikan bahwa dirinya benar-benar dapat dipercaya.

Menumbuhkan rasa percaya dalam hubungan memang bukan hal yang mudah dan juga instan. Namun dengan mengenali tanda-tanda di atas, Kamu bisa secara perlahan menemukan seseorang yang benar-benar bisa dipercaya dan menjalani hubungan yang sehat bersama. (AS)

Baca juga: 5 Kepribadian yang Mudah Konflik dengan Pasangan

Referensi

Mom Junction. “Trust In Relationship: Why Is It Important And How To Build It?“.

Comment