Cara Efektif Kenalkan Protokol Kesehatan 3M Pada Anak

KalbarOnline.com – Di masa pandemi seperti ini, masyarakat perlu untuk menjaga daya tahan tubuh masing-masing. Selain itu, mitigasi juga diperlukan seperti menerapkan protokol kesehatan. Tak terkecuali pada anak-anak.

Untuk itu, peran orang sangat dibutuhkan untuk mengenalkan protokol kesehatan 3M pada anak. Yakni memakai masker, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, dan menjaga jarak.

Dikatakan, Pengamat dan Praktisi Pendidikan Indra Charismiadji, cara mengenalkan protokol kesehatan paling efektif adalah dengan membiasakan diri. Biasakan anak-anak untuk melakukan tindakan 3M dalam keseharian. Dampingi dan selalu ingatkan.

Baca Juga :  Meski Vaksin Covid-19 Tersedia, Jokowi Minta Masyarakat Taat Patuhi 3M

“Itu kan bagian edukasi dan itu nggak sulit-sulit amat, ya pembiasaan diri aja,” ungkap dia kepada KalbarOnline.com.

Sebab, anak merupakan pembelajar yang cepat. Maka dari itu, dibandingkan memberikan penjelasan yang rumit, lebih baik diberikan praktik secara langsung.

Baca Juga :  Patuhi 3M Masyarakat Aman dari Covid-19, Ekonomi Tetap Jalan

“Yang jelas anak itu kan pembelajar, jadi ya tinggal dibiasakan, seperti habis keluar rumah, lalu mandi. Itu bukan suatu hal yang berat,” ucap dia.

Apalagi anak terbilang penurut, terutama mereka akan mendengat pesan dari ibu mereka masing-masing. Dengan begitu, keniscayaan kepatuhan mereka akan penerapan 3M akan semakin tinggi.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment