9 Tips Kontrol Gula Darah yang Manjur!

Bukan rahasia lagi bahwa diet sangat penting untuk mengelola diabetes. Namun, apapun diet yang dipilih, tidak akan membawa hasil jika tidak dibarengi usaha lainnya. Ada banyak cara mengendalikan kadar gula darah.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Menurut American Diabetes Association, kadar gula darah puasa yang diharapkan untuk penderita diabetes berkisar 100 hingga 130 mg/dL sebelum makan, tidak boleh lebih dari 180 mg/dL dua jam setelah makan. Namun, setiap penderita diabetes tentu memiliki target gula darah yang berbeda, sesuai kondisi dan usia. Bagaimana sih kontrol gula darah yang manjur?

Baca juga: Berapa Kadar Gula Darah Normal dan Ideal Itu?

Tips Kontrol Gula Darah

Agar gula darah Diabestfriend belum mencapai target, mungkin caranya belum optimal. Berikut ini tips kontrol gula darah yang manjur dan efektif:

1. Periksa Kadar Gula Darah Setiap Hari

Setidaknya, Kamu harus memeriksa kadar gula darah satu kali setiap hari dengan glukometer dan catat pembacaannya. Ketahui berapa kadar gula darah yang normal, tinggi, dan rendah. Ini dibutuhkan untuk mengelola diabetes dan memutuskan diet apa yang tepat untuk Kamu jalani.

2. Perhatikan Porsi Makanan

Saat tiba waktunya makan, penderita diabetes harus memperhatikan porsi makanan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Idealnya, isi setengah piring Kamu dengan buah-buahan dan sayuran. Dan, setengah piring lagi diisi oleh protein tanpa lemak dan biji-bijian.

3. Konsumsi Serat

Ini merupakan cara yang bagus untuk menambah jumlah makanan. Karena tubuh tidak mencernanya, makanan mengandung fiber tidak akan meningkatkan kadar gula darah Kamu. Idealnya, Kamu harus mengonsumsi makanan mengandung serat setidaknya 25 gram setiap hari. Buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan merupakan sumber serat yang baik.

Baca Juga :  Pilihan Daging yang Baik untuk Diabetes
Baca juga: Buah dan Sayur yang Memiliki Kadar Serat Lebih Tinggi Daripada Apel

4. Batasi Konsumsi Karbohidrat

Karbohidrat diubah menjadi glukosa. Jadi, sangat penting menjaga diri dari makanan yang mengandung karbohidrat. Roti dan nasi putih bukan pilihan terbaik untuk dikonsumsi oleh orang yang hidup dengan diabetes karena akan langsung menaikkan gula darah. Daripada nasi putih, cobalah untuk mengonsumsi nasi merah, atau gandum utuh, namun dengan porsi isecukupnya.

5. Jangan Lupa Olahraga

Olahraga teratur membuat insulin bekerja lebih efektif dalam mendistribusikan gula ke seluruh sel tubuh. Karena itu, orang dengan diabetes harus tetap aktif untuk tetap aktif. Temukan jenis olahraga apa yang cocok untuk dilakukan setiap hari. Berenang, yoga, atau berjalan kaki bisa dijadikan pilihan yang tepat. Setiap hari, lakukan olahraga ini minimal 30 menit.

6. Tidur 8 Jam

Tidak hanya membuat tubuh lelah, kurang tidur bisa meningkatkan kadar gula darah di hari berikutnya. Selain itu, kurang tidur bisa membuat hormon stres lebih banyak dilepaskan tubuh. Jadikan tidur cukup sangat penting ketika hidup dengan diabetes. Tidurlah selama 8 jam setiap hari agar kadar gula darah tetap normal.

Baca Juga :  Jangan Salah, Olahraga saat Mentruasi Banyak Manfaatnya, Lho!
Baca juga: Kurang Tidur Bisa Memicu Diabetes Lho!

7. Perhatikan Berat Badan Kamu

Sedikit saja kenaikan berat badan, gula darah lebih sulit dikendalikan. Maka dari itu, penderita diabetes harus menjaga berat badannya tetap idela. Caranya dengan menjag apola makan dan aktif berolahraga. Selain itu pilih obat antidiabetes yang tidak memiliki efek samping menaikkan berat badan. Konsultasikan hal ini dengan dokter.

8. Kelola Stres

Saat mengalami stres, hormon yang disebut kortisol akan mengacaukan pengelolaan gula darah. Jadi, usahakan menghindarai sumber stres kecuali penderita diabetes mampu mengelola stres dengan baik. Kendalikan stres dengan sering melakukan meditasi, makan dan tidur teratur, olahraga, atau temui konselor untuk meminta bantuan. Merawat kesehatan mental bisa meningkatkan kesehatan fisik penderita diabetes.

9. Konsumsi Lemak Sehat

Tubuh membutuhkan lemak untuk energi. Lemak jenuh dan lemak trans bisa menghambat kontrol gula darah. Maka, pilihlah lemak sehat seperti omega-3. Konsumsi ikan dan daging tanpa lemak daripada daging merah. Hindari makanan yang digoreng, dan ganti dengan produk susu rendah lemak.

Baca juga: Diet untuk Diabetes Terbaru, Lebih Efektif Kendalikan Gula Darah

Referensi:

Healthline. Type 2 Diabetes and Diet: What You Should Know

WebMD. Tips for Blood Sugar Control When You Have Type 2 Diabetes

Comment