by

Untuk Kali Pertama dalam Sembilan Bulan, Jorge Lorenzo Akan Mengaspal

KalbarOnline.com – MotoGP menggelar uji coba resmi di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, mulai kemarin (7/10). Sebanyak 23 pembalap MotoGP dan test rider ambil bagian dalam tes yang berlangsung selama dua hari tersebut.

Kesempatan itu menjadi momen penting bagi pembalap dan tim peserta untuk mengumpulkan data dan informasi menuju GP pemungkas musim ini di Portimao.

Salah seorang pembalap uji yang akan tampil adalah Jorge Lorenzo bersama Yamaha. Lorenzo sudah sembilan bulan tidak melakukan uji coba sejak tes selama dua hari di Sepang, Malaysia. ’’Aku sangat senang bisa kembali menunggangi M1 dari Yamaha,” katanya dalam konferensi pers dilansir The Nation.

Lorenzo akan menggunakan mesin yang sama saat menjalani tes di Sepang. Yakni, dengan motor spesifikasi 2019. Dia akan melakukan perubahan setup motor untuk mendapatkan data terbaik buat para penunggang motor Yamaha.

Selain Lorenzo, ada Maverick Vinales dan Valentino Rossi yang melakukan tes di Portimao. Tetapi, dua jagoan Monster Yamaha itu mengaspal dengan motor spesifikasi superbike, bukan MotoGP. Itu juga berlaku untuk para pembalap MotoGP lainnya.

Merujuk Tuttomotoriweb, pembalap KTM bakal menggunakan motor superbike dari pabrikan lain untuk tes di Portimao. Miguel Oliveira akan menggunakan motor Yamaha YZF-R1. Sedangkan Pol Espargaro akan menunggangi CBR1000RR-R dari Honda. Tentu saja, motor tersebut akan dibalut dengan livery KTM.

Sementara itu, performa KTM musim ini tidak terlepas dari andil seorang Dani Pedrosa. Mantan bintang Repsol Honda tersebut juga turun pada tes di Portimao. Itu menjadi kesempatan perdana bagi pria asal Spanyol tersebut untuk menguji RC16 di Sirkuit Algarve.

Pedrosa berupaya mengumpulkan banyak data buat KTM. Seperti mempelajari blind spot dan perubahan ketinggian di lintasan. ’’Tentu harus melihat kecepatan, girboks, dan merasakan hari pertama (kemarin, Red). Dari situ, motor disetel ulang untuk tes hari kedua (hari ini),” papar Pedrosa dilansir situs resmi MotoGP.

Dia juga akan menjajal beberapa ban berbeda. Sebab, kondisi sirkuit saat ini bakal berbeda saat GP Portugal berlangsung bulan depan.

Comment

News Feed