Pemkab Sekadau Terima WTP Kedelapan Kali dari Kemenkeu

Pemkab Sekadau Terima WTP Kedelapan Kali dari Kemenkeu

KalbarOnline, Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau kembali menerima penghargaan atas pencapaian Opini Wajar Tanpa Pengecuali (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2020. Penyerahan piagam dan tropi diserahkan secara simbolis di Aula Lantai II Kantor Bupati Sekadau, Kamis (8/10/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut Pjs Bupati Sekadau, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat, Wakil Ketua DPRD Sekadau, Pj Sekda Sekadau, para Asisten di lingkungan Sekertariat Daerah Kabupaten Sekadau, Kepala SKPD dan Forkopimda.

Dalam sambutannya, Pjs Bupati Sekadau, Sri Jumiadatin mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Keuangan RI atas penghargaan yang diberikan kepada Pemkab Sekadau.

Baca Juga :  Polres Sekadau Selidiki Kasus Pembobolan ATM, Pelaku Diduga Dua Orang

“Kita ketahui hari ini kita Pemerintah Kabupaten Sekadau untuk yang ke-8 kalinya dari tahun 2012 hingga 2019 meraih pencapaian Opini WTP atas LKPD dari Badan Pengelolaan Keuangan Repulik Indonesia (BPK-RI),” ujarnya.

Selain Opini WTP, kata Jumiadatin, Sekadau juga pernah mendapatkan Penghargaan di antaranya atas Pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) terbaik se-Provinsi Kalimantan Barat tahun 2019 dan dua penghargaan Indeks kelola dari KATADATA.COM kategori Bidang pendidikan dan Kesehatan.

Sementara Kakanwil Inspektorat Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat, Edih Mulyadi mengatakan, pencapaian Opini WTP Oleh Pemda Kabupaten Sekadau adalah merupakan murni pencapaian atas pengelolaan keuangan daerah.

Baca Juga :  3 LO Calon DPD – RI Terima Hasil Verifikasi Faktual dari KPU Sekadau

“ini murni penghargaan atas Pencapaian Pemda Sekadau bukan kepentingan politik,”katanya.

Dia juga menambahkan, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan di antaranya kebijakan-kebijakan pemerintah pusat tentu sedikit banyaknya berpengaruh terhadap pengelolaan dan kebijakan-kebijakan daerah.

“Ini juga harus menjadi perhatian kusus di mana di tengah wabah Covid-19 ini akan ada kebijakan-kebijakan baru dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Dirinya juga berharap penghargaan selama lima tahun berturut ini dapat membawa perubahan serta meningkatkan investasi daerah untuk pembangunan selanjutnya. (Mus)

Comment