Wapres Mike Pence Aman Ikut Debat, Joe Biden Minta Ditunda

KalbarOnline.com – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, pada Selasa (6/10), menyatakan bahwa Wakil Presiden Mike Pence yang masih menjadi pendamping Donald Trump untuk Pilpres pada November mendatang, aman untuk mengikuti debat pada Rabu pekan depan. Pence dinyatakan aman karena tidak melakukan kontak dekat dengan siapa pun yang mengidap Covid-19, termasuk Trump.

Kantor Pence mencuitkan sebuah memorandum yang ditulis oleh Direktur CDC, Robert Redfield tentang kondisi Pence. Memorandum itu berisi pernyataan bahwa CDC telah membuat keputusan usai berkonsultasi dengan dokter Gedung Putih, Dr. Jesse Schonau, tentang kemungkinan Pence terpapar Covid-19.

  • Baca juga: Sebelum Debat Capres Perdana, 1 Juta Penduduk AS Sudah Mulai Memilih
Baca Juga :  Kadin Ajak Para Investor yang Hadir di BIMP-EAGA untuk Berinvestasi di IKN

“Setelah diskusi secara rinci dengan Dr. Shonau tentang penyelidikannya dan serangkaian hasil negatif pengujian terhadap Wakil Presiden, CDC menyimpulkan dari sudut pandang kesehatan masyarakat, bahwa aman bagi Wakil Presiden untuk berpartisipasi dalam debat mendatang,” tulis Redfield.

Baca Juga :  Pejabat Korsel Tewas Ditembak, Pemimpin Korut Kim Jong Un Minta Maaf

Sementara itu, calon presiden dari Demokrat, Joe Biden, meminta debat ditunda apabila Trump masih positif Covid-19. Biden sendiri dinyatakan negatif Covid-19 setelah menjalani tes pada Selasa (6/10).

Biden mengatakan dirinya dan sang petahana presiden seharusnya tidak melakukan debat yang dijadwalkan pada 15 Oktober jika Trump masih terinfeksi. “Kalau dia (Trump) masih mengidap Covid-19, kita jangan melakukan debat,” pinta Biden.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment