Pandemi Terus Memburuk, Kompetisi Teratas Indonesia Resmi Dibatalkan

KalbarOnline.com-Operator kompetisi tertinggi basket tanah air, Indonesian Basketball League (IBL) secara resmi membatalkan rencana kelanjutan kompetisi musim 2020. Turnamen itu sejatinya dimulai lagi di Mahaka Square Arena Jakarta, 13 sampai 27 Oktober.

Direktur IBL Junas Miradiarsyah dalam konferensi pers di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu mengatakan keputusan tersebut merupakan yang terbaik saat ini. Sebab, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia masih tinggi.

“Kami melihat situasi terakhir dan kami ingin mendukung pemerintah (menekan laju penularan Covid-19). Kami memahami dan telah melakukan diskusi internal bersama klub bahwa untuk IBL musim 2020 harus kami batalkan,” ucap Junas seperti dilansir dari Antara.

Baca Juga :  Penampilan Solid Ganda Penentu Indonesia Jadi Juara Dunia Junior 2019

“Ini dilakukan untuk mendukung agar semuanya diberikan kesehatan dan keselamatan,” tambah dia.

Setelah berhenti sejak Maret, rencana IBL untuk melanjutkan liga sudah tertunda dua kali. Kompetisi musim 2020 awalnya dijadwalkan digelar pada 4 September hingga 5 Oktober, dengan Jakarta dan Yogyakarta sebagai opsi kota tuan rumah.

Namun jadwal kelanjutan liga kembali diundurkan dengan maksud agar klub-klub peserta IBL punya waktu lebih untuk persiapan. Penyelenggara memutuskan untuk menjadwal ulang kompetisi menjadi 13 sampai 27 Oktober di Jakarta tanpa penonton.

Baca Juga :  Latihan Sangat Keras, Optimistis Juara Meninggi, Liga Malah Batal

Rencana IBL untuk menggulirkan kompetisi disambut baik oleh pemerintah. IBL bahkan telah mengantongi surat rekomendasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Kedua pihak sudah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang penyelenggaraan olahraga yang aman dari Covid-19. “Kami berterima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada pemerintah yang telah memastikan bahwa protokol telah dijalankan dengan disiplin yang baik,” ucapnya.

Comment