Cendekiawan Cemas Hubungan AS dan Tiongkok Makin Tegang Jelang Pemilu

KalbarOnline.com – Hubungan yang makin tidak menentu antara Amerika Serikat dan Tiongkok membuat semua kalangan memberikan ide agar bisa diselesaikan. Salah satunya adalah para cendekiawan AS. Mereka ikut ambil bagian dalam penelitian dan mengupas kasus yang muncul. Penn’s Center for the Study of Contemporary Tiongkok telah meluncurkan proyek penelitian baru The Penn Project on the Future of US-China Relations.

Para sarjana yang terlibat dalam proyek tersebut berasal dari beberapa universitas berbeda. Mereka memberikan rekomendasi kebijakan kepada anggota parlemen Amerika melalui serangkaian makalah yang mencakup enam topik yakni keamanan nasional; perdagangan dan daya saing; teknologi; hak asasi manusia, hukum dan demokrasi; iklim dan lingkungan; dan penelitian, pendidikan, dan kebebasan akademik.

  • Baca juga: Hubungan AS-Tiongkok Panas, Xi Jinping Tetap Doakan Donald Trump

Makalah yang mencakup satu dari enam topik, akan dirilis setiap Kamis berdasarkan topik hingga 29 Oktober menjelang Pemilu AS. Proyek ini akan mengadakan webinar sehari setelah makalah masing-masing topik dirilis. Ini untuk memberikan platform kepada penulis untuk mendiskusikan dan memperkuat ide-ide mereka lebih jauh.

Baca Juga :  Sebut Masa Suram, Bill Gates Prediksi Pandemi Berakhir 2-3 Tahun

“Hubungan yang semakin tegang antara kedua negara telah menjadi masalah yang terlalu besar untuk kami abaikan,” kata Penn Law, peneliti CSCC, dan salah satu pemimpin proyek Neysun Mahboubi, seperti dilansir dari Daily Pennsylvanian.

Direktur CSCC dan profesor Penn Law Jacques deLisle mengatakan bahwa pilpres AS tinggal beberapa minggu lagi. Ini adalah waktu yang penting untuk menelusuri hubungan antara AS dan Tiongkok. Ketegangan baru-baru ini sangat terlihat ketika Presiden Donald Trump berusaha melarang aplikasi Tiongkok seperti TikTok dan WeChat di pasar AS.

Dalam satu makalah yang baru-baru ini dirilis mengenai keamanan nasional tentang stabilitas strategis dalam hubungan AS-Tiongkok, asisten Profesor Fiona Cunningham di Universitas George Washington merekomendasikan dialog yang lebih komprehensif antara kedua negar. Itu sebagai jalan terbaik untuk mencegah perlombaan senjata dan mengurangi risiko konflik.

Baca Juga :  Jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru, Jerman Bakal Lockdown Lagi

“Jelas perlu ada pemikiran ulang tentang bagaimana membahas suatu hubungan antarnegara,” kata deLisle.

Setelah kondisi memungkinkan, tim proyek berharap dapat membawa peserta dari universitas lain ke kampus Penn untuk mempresentasikan makalah mereka secara langsung. Mereka juga berharap bisa mengadakan sesi publik lainnya di AS serta di Penn-Wharton China Center di Beijing setelah kondisi aman.

Direktur Program Henry Luce Foundation untuk Asia, Helena Kolenda mengatakam saat ini tidak banyak diplomasi yang terjadi di tingkat nasional. Perlu ada wadah lain sebagai komunikasi dan informasi untuk dibagikan. Proyek tersebut sangat penting karena menyoroti suara para sarjana muda yang akan mewarisi hubungan AS-Tiongkok.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment