Taiwan Berharap Donald Trump Cepat Pulih dan Terus Lawan Tiongkok

KalbarOnline.com – Donald Trump mendapat dukungan dari Taiwan setelah dirinya terpapar Covid-19. Seperti diketahui, Amerika Serikat dan Taiwan memiliki kedekatan terkait konflik dengan Tiongkok.

Taiwan berharap Trump segera sembuh dari Covid-19 sehingga dapat terus memimpin dunia dalam melawan kekuasaan Tiongkok. Taiwan memang geram dengan Tiongkok. Mereka mendapat tekanan militer yang semakin parah dari Tiongkok, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayah kedaulatannya. Angkatan Udara Tiongkok sering mengirimkan serangan mendadak ke Taiwan dalam beberapa pekan terakhir.

  • Baca juga: Hubungan AS-Tiongkok Panas, Xi Jinping Tetap Doakan Donald Trump
Baca Juga :  Hampir Sebulan di Singapura, WN Nepal Tertular Covid-19 Secara Lokal

Ketua parlemen Taiwan, You Si-kun mengatakan dia terkejut mendengar kabar Trump terkena Covid-19. Atas nama badan legislatif Taiwan, dia berharap Trump baik-baik saja.

“Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mendoakan dia (Donald Trump) cepat sembuh, jadi dia bisa terus memimpin dunia bebas dalam melawan kekuasaan komunis Tiongkok,” beber You seperti dilansir Reuters.

Sejak Trump menjabat sebagai Presiden AS, hubungan AS-Tiongkok telah anjlok ke titik terendah dalam beberapa dekade. Perselisihan antara dua negara mengenai isu perdagangan, Hongkong, Taiwan, dan berbagai masalah lainnya termasuk virus Korona.

Baca Juga :  Brasil Umumkan Vaksin Covid-19 Sinovac Manjur hingga 78 Persen

Pemerintahan Trump telah membuat posisi berseberangan antara AS Tiongkok China sebagai platform kebijakan utama, dan telah sangat vokal dalam mengkritik catatan hak asasi manusia Tiongkok. Termasuk di wilayah Xinjiang atau Hongkong yang dikuasai Tiongkok.

Amerika Serikat seperti kebanyakan negara memang tidak secara resmi mengakui pemerintah Taiwan. Namun, AS adalah pemasok utama senjata dan pendukung internasional terkuat untuk Taiwan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment