KPU Sebut Semua Bapaslon Sudah Negatif Corona, Namun 3 Meninggal Terpapar Covid-19

KalbarOnline.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Evi Novida Ginting Manik menyampaikan, tiga calon kepala daerah meninggal dunia karena terpapar Covid-19.

Meski demikian, hasil pemeriksaan terakhir menunjukkan calon peserta pilkada 2020 yang sempat positif kini berstatus negatif.

“Semua bapaslon sudah negatif,” kata Evi lewat pesan singkat, Senin, 5 Oktober 2020.

Evi ada tiga calon kepala daerah yang meninggal akibat Covid-19. Pertama adalah calon bupati inkumben Kabupaten Berau Muharram. Ia wafat pada Selasa, 22 September 2020 saat masa pendaftaran berlangsung.

Baca Juga :  Akun Twitter FPI Kena Suspend, Ini Cuitan Terakhirnya

“Meninggal sebelum penetapan pasangan calon,” kata Evi.

Kedua, calon wali kota Bontang, Adi Darma. Ia meninggal pada 1 Oktober 2020.

Sedangkan yang ketiga adalah calon bupati Bangka Tengah inkumben, Ibnu Soleh, yang wafat Ahad, 4 Oktober 2020.

Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2020 mengatur tentang penggantian calon kepala daerah yang meninggal. Partai politik atau calon perseorangan dapat mengganti calon yang berhalangan tetap, salah satunya karena meninggal.

Baca Juga :  Belum Kantongi Izin Handak dari Mabes Polri, Kalbar Alami Kelangkaan Batu

Partai politik dapat mengusulkan penggantinya paling lama tujuh hari sejak calon dinyatakan berhalangan tetap. Parpol dilarang menarik dukungannya terhadap calon pengganti. Apabila tidak kunjung mengajukan calon pengganti, maka pasangannya dinyatakan gugur.

Namun jika ada calon yang berhalangan tetap terjadi 29 hari sebelum hari pemungutan suara dan parpol tidak juga mengajukan pengganti, salah satu calon dari pasangan calon tetap ditetapkan sebagai pasangan calon. [rif]

Comment