Hubungan AS-Tiongkok Panas, Xi Jinping Tetap Doakan Donald Trump

KalbarOnline.com – Hubungan panas antara Amerika Serikat dan Tiongkok tak lantas melunturkan sisi kemanusiaan Presiden Xi Jinping. Pemimpin Tiongkok tersebut beserta istrinya Peng Liyuan, mengirimkan pesan simpati dan berharap Presiden AS Donald Trump dan istrinya Melania, segera sembuh dari Covid-19.

“Saya dan istri saya sangat bersimpati dan berharap Anda (Trump) segera pulih,” demikian pesan Xi kepada Trump yang beredar di sejumlah media Tiongkok.

  • Baca juga: Tak Ingin Hubungan Kian Parah, Tiongkok Ungkap Niat Berdamai dengan AS
Baca Juga :  Jokowi Jadi Nama Jalan di Abu Dhabi, Ini Alasannya

Setelah Trump dan Melania mengumumkan positif Covid-19 pada Jumat (2/10), Duta Besar Tiongkok untuk AS, Cui Tiankai dan juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hua Chunying juga menyampaikan doa terbaik kepada Trump dan istrinya melalui Twitter.

Sejumlah pengamat berpendapat bahwa pesan tersebut menunjukkan rasa kemanusiaan terhadap Trump dan istrinya yang tertular virus Korona.

“Melalui itikad baik kepada Trump dan komitmen Tiongkok menjadikan vaksin sebagai barang kebutuhan publik, maka Tiongkok telah melakukan apa yang terbaik kepada komunitas internasional,” demikian salah satu unggahan di Sina Weibo.

Baca Juga :  Debat Capres AS, Trump: Dalam Waktu Dekat Krisis Pandemi Berakhir

Xi Jinping seperti diketahui telah beberapa kali mengirimkan pesan kepada sejumlah kepala negara dan kepala pemerintahan yang berjuang bersama rakyatnya melawan pandemi Covid-19. Xi memberikan support langsung kepada mereka.

Hanya saja, pesan simpati dalam kapasitas pribadi yang ditunjukkan Xi Jinping dan istrinya terhadap Trump merupakan fenomena langka. Itu karena Tiongkok dan AS masih terlibat dalam hubungan yang tak harmonis dan cenderung makin memanas.

Comment